Sabtu, 02 Mar 2019 14:45 WIB

Efek Mengerikan Pakai Narkoba, Halusinasi Sampai Telanjang di Mobil

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kristal sabu, salah satu jenis narkoba yang banyak disalahgunakan (Raja- detikcom) Kristal sabu, salah satu jenis narkoba yang banyak disalahgunakan (Raja- detikcom)
Jakarta - Amphetamine atau yang juga biasa disebut sabu menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) adalah narkoba pembunuh terbesar ke dua di Indonesia setelah putaw. Sabu dapat memicu ketergantungan tingkat tinggi karena bereaksi cepat pada sistem saraf manusia.

Psikiater dari Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera dr Andri, SpKJ, FAPM, menyebutkan efek penggunaan sabu-sabu bermacam-macam sesuai bentuk dari narkoba tersebut.

Efek samping dari penggunaan sabu-sabu baru akan terasa mulai dari 4 hingga 12 jam kemudian. Durasi efek sampingnya bisa berlangusng sampai dengan 24 jam.

Selain itu, berikut efek 'mengerikan' dari pemakaian sabu berlebihan yang telah dirangkum oleh detikHealth.



1. Ceria tidak pada tempatnya

Aktris Jennifer Dunn beberapa waktu lalu ditangkap polisi karena mengonsumi sabu. Meski telah ditangkap dan akan diproses oleh kepolisian, Jedun, sapaan akrabnya malah tertawa sambil melambaikan tangannya. Tidak menunjukkan ekspresi sedih atau penyesalan.

Para ahli mengatakan, ini adalah efek dari penggunaan sabu. Jedun memakai sabu jenis amphetamine yang dapat meningkatkan kerja otak sehingga tetap ceria, segar dan fokus.

2. Jadi zombie

Beberapa waktu lalu, warganet dihebohkan dengan video pemakaian narkoba jenis Flakka, yang hampir mirip dengan sabu. Efek sampingnya membuat penggunanya berperilaku seperti zombie bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan meninggal dunia.

Zat ini memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dibanding morfin. Dampak dari pemakaian Flakka orang menjadi tidak normal seperti kesurupan, gila, berteriak dan melukai diri sendiri.

"Flakka juga memiliki potensi 100 kali lebih kuat daripada heroin. Ini adalah jenis narkoba baru yang sangat berbahaya," ujar Ketua Umum DPP Granat (Gerakan Nasional Anti Narkotika) Henry Yosodiningrat, dikutip dari detikNews.

3. Telanjang di mobil

Desember tahun lalu, polisi menerima laporan dari warga ada dua pria mencurigakan di dalam sebuah mobil yang terparkir di depan Pasar Trangkil, Pati. Dua pria itu dalam kondisi telanjang bulat.

Satu dari dua orang yang diringkus polisi positif narkoba jenis sabu. Di dalam mobil, didapati kotoran tinja dari pelaku berceceran. Selain itu ada pula serbuk sabu-sabu di jok mobil.

(kna/up)
News Feed