Minggu, 03 Mar 2019 06:38 WIB

Pertolongan Pertama Saat Telinga Kemasukan Serangga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Siapa yang tak panik bila telinga kemasukan serangga (Foto: iStock)
Jakarta - Lagi duduk santai di depan rumah eh tiba-tiba ada nyamuk 'nyelonong' masuk ke telinga. Panik dong pasti! Terlebih lagi, perasaan nggak nyaman juga terasa karena serangganya pasti meronta-ronta. Duh, harus gimana nih?

"Dikasih air atau baby oil nggak papa asal gendang telinganya nggak bolong. Ketahuannya kalau pernah keluar cairan dari telinganya," tutur spesialis THT dari RS Pondok Indah, dr Hably Warganegara, SpTHT-KL, saat dijumpai detikHealth beberapa waktu lalu.



dr Hably menambahkan, sebelum memasukkan air ke telinga harus hati-hati juga. Ingat kembali apakah telinga kamu pernah secara tiba-tiba mengeluarkan cairan tanpa sebab yang menjadi tanda gendang telinga rusak. Karena kalau gendang telinga sudah rusak lalu diberi air malah bikin infeksi dan serangganya makin masuk ke dalam.

Meneteskan air ke telinga adalah untuk menenggelamkan dan mematikan serangga yang telah masuk. Jadi, jika serangga sudah mati, nantinya akan keluar dengan sendiri dengan 'dorongan' dari air tersebut

"Intinya di tenggelamkan, dimatikan. Kadang-kadang yang datang ke kita juga kita kasih cairan semprotan anti nyeri yang ada airnya," pungkasnya.

Punya pengalaman telinga kemasukan serangga? Kirim ke redaksi@detikhealth.com atau tinggalkan komentar!

(kna/up)