Senin, 04 Mar 2019 22:41 WIB

Andi Arief Berpeluang Direhab, Ini Tandanya Seseorang Kecanduan Narkoba

Rosmha Widiyani - detikHealth
Andi Arief tertangkap karena narkoba (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Bareskrim telah menguji urine Wasekjen Demokrat Andi Arief. Urine Andi Arief positif mengandung sabu.

"Kami sudah juga melakukan tes urine, terhadap saudara AA dan positif sabu," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dikutip dari detiknews, Senin (4/3/2019).



Seorang pengguna tidak langsung mengalami ketergantungan usai mengonsumsi narkoba. Namun konsumsi dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan ketergantungan, yang pada akhirnya akan mengancam kesehatan dan keselamatan pengguna.

"Dalam International Classification of Diseases (ICD) ada 12 kondisi yang menandakan seseorang mengalami ketergantungan. Pengguna cukup memiliki 3 dari 12 tanda tersebut untuk masuk pusat rehabilitasi," kata peneliti dr Hari Nugroho peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience (IMAN) pada detikHealth, Senin (4/3/2019).



Tanda pertama adalah peningkatan toleransi zat narkoba pada pengguna. Pada gejala ini, pengguna memerlukan dosis yang lebih besar dibanding saat pertama menggunakan narkoba untuk mendapatkan efek yang sama.

Tanda kedua adalah munculnya gejala putus zat pada pengguna yang keinginannya mengonsumsi narkoba tidak terpenuhi. Gejala withdrawal ini beragam mulai dari sakit kepala, diare, gemetar, lelah, hingga sulit mengendalikan emosi.



Tanda ketiga adalah tanda yang berkaitan dengan kondisi psikososial pengguna. Tanda ini meliputi kehidupan pribadi yang mulai terganggu, memprioritaskan konsumsi zat dibanding kepentingan lainnya, dan muncul keluhan dari lingkungan sekitar akibat menggunakan narkoba.

Bila 3 tanda tersebut muncul, dr Hari menyarankan pengguna segera menghubungi pusat rehabilitasi dengan keinginan sendiri atau dibantu lingkungan sekitar.

(up/up)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya