Selasa, 05 Mar 2019 14:00 WIB

Belajar dari Meninggalnya Luke Perry '90210', Begini Cara Mencegah Stroke

Widiya Wiyanti - detikHealth
Luke Perry meninggal setelah sempat terserang stroke (Foto: Getty Images) Luke Perry meninggal setelah sempat terserang stroke (Foto: Getty Images)
Jakarta - Luke Perry meninggal dunia karena mengalami serangan stroke pada pekan lalu. Walaupun sempat menjalani perawatan di rumah sakit, namun bintang serial 'Beverly Hills 90210' yang ngehits di era 1990-an tidak tertolong.

Dikutip dari WIBC, ahli jantung dan pembuluh darah dari Franciscan Health Indianapolis, dr Atul Chugh mengatakan kemungkinan Luke Perry mengalami stroke hemoragik, yaitu ketika pembuluh darah pecah di otak dan menyebabkan hilangnya fungsi tubuh dengan cepat.

"Pasien mulai kehilangan banyak fungsinya, termasuk fungsi vitalnya," ujar dr Chugh.



Menurut dr Chugh, stroke dianggap sebagai serangan otak karena kemiripannya dengan serangan jantung yang dalam hal ini disebabkan adanya gumpalan di pembuluh darah.

dr Chugh pun tidak menginginkan hal yang terjadi pada Luke Perry dialami oleh orang lain. Maka dari itu, ia menegaskan bahwa stroke pada dasarnya bisa dicegah dengan upaya menurunkan atau menjaga tekanan darah, baik dengan olahraga atau dengan obat-obatan.

dr Chugh menambahkan, pentingnya untuk mendeteksi adanya fibrilasi atrium (aritmia), yaitu detak jantung tidak teratur yang bisa menjadi salah satu gejala awal dari penyakit jantung dan stroke.



Simak Videonya 'Stroke, Aktor ''Beverly Hills'' Luke Perry Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

Belajar dari Meninggalnya Luke Perry '90210', Begini Cara Mencegah Stroke
(wdw/up)