Selasa, 05 Mar 2019 14:35 WIB

Andi Arief Dimintakan Rehab, RS Mana Saja yang Punya Unit Narkoba?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pasien rehabilitasi narkoba (Foto: Hasan Alhabshy) Ilustrasi pasien rehabilitasi narkoba (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Setelah ditangkap karena penggunaan narkoba, keluarga Andi Arief mengajukan permohonan rehabilitasi. Untuk melakukan proses rehabilitasi, pemerintah memfasilitasi baik yang diinginkan pasien maupun keluarga.

dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience menyebut, untuk di daerah Jabodetabek, terdapat beberapa tempat rehabilitasi yang bisa dipilih jika pecandu ingin menyembuhkan diri mereka.

"Banyak banget sih di Jabodetabek, ada RS ketergantungan obat di Cibubur. Ada juga di puskesmas-puskesmas di Jakarta seperti Puskesmas Tebet, di RSJ Soeharto Heerdjan Grogol juga ada unit napza-nya," katanya saat dihubungi detikHealth melalui pesan singkat, Selasa (5/3/2019).



BNN juga memiliki tempat rehabilitasi sendiri yang tersebar di beberapa wilayah di Jabodetabek. Seperti klinik di BNN kota Jaktim, Jaksel, Jakut, dan BNN provinsi.

"Yang dari LSM ada yayasan-yayasan seperti kapeta, kharisma, dll. Di bogor ada RSJ Marzuki Mahdi, ada juga Balai Besar Rehabilitasi BNN," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebutk Andi Arief kemungkinan menjalani rehabilitasi di Lido, Bogor. Namun penempatan ini juga mempertimbangkan permohonan dari keluarga.



Simak Juga 'Keluarga akan Ajukan Rehabilitasi untuk Andi Arief':

[Gambas:Video 20detik]

Andi Arief Dimintakan Rehab, RS Mana Saja yang Punya Unit Narkoba?
(kna/up)