Selasa, 05 Mar 2019 18:41 WIB

Denny Sumargo hingga Mario Teguh, Kisah-kisah 'Pembuktian' Lewat Tes DNA

Firdaus Anwar - detikHealth
Tes DNA seperti yang dilakukan Denny Sumargo biasa untuk menghadapi skandal. (Foto: dok. detikHealth) Tes DNA seperti yang dilakukan Denny Sumargo biasa untuk menghadapi skandal. (Foto: dok. detikHealth)
Jakarta - Denny Sumargo belakangan dikabarkan menjalani tes Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) untuk membuktikan hubungan biologisnya dengan anak yang dikandung DJ Verny. Dalam gambar yang viral di media sosial banyak warganet mempertanyakan bagaimana tes DNA dilakukan.

"Jika semua dari 16-23 lokasi (genetik -red) itu sama antara anak dan orang tuanya, maka terdapat 99,9-99,99 persen kemungkinan bahwa mereka memang memiliki kekerabatan biologis. Namun jika salah satu saja tidak sama, maka kemungkinannya menjadi nol," papar Ahli Genetika Molekuler dr Teguh Haryo Sasongko, PhD.

Sebetulnya tokoh terkenal yang pernah menjalani tes DNA bukan cuma Denny Sumargo saja. Dikutip detikHealth dari berbagai sumber berikut beberapa tokoh lainnya yang juga tes DNA untuk membuktikan hubungan biologis:



1. Mario teguh

Motivator kondang Mario Teguh pernah berseteru dengan seorang pria bernama Ario Kiswinar pada tahun 2016 lalu. Saat itu Mario menolak mengakui Kiswinar sebagai anak dan menantangnya untuk melakukan tes DNA.

Hasilnya kemudian terbukti kalau ternyata secara biologis bahwa keduanya memiliki hubungan orang tua-anak.

2. Bopak Castello

Pelawak Bopak Castello menjalani tes DNA pada tahun 2014 lalu. Hal tersebut dilakukan karena rasa penasaran apakah anak yang lahir dari sang istri memang anaknya.

"Bopak mau tes DNA terhadap anak bopak. Mudah-mudahan itu biologis Bopak, kalau tidak tetep akan tanggung jawab Bopak. Penasaran aja (mau tes DNA), biar nggak rugi satu sama lain saja," tutur Bopak seperti dikutip dari detikHot.

3. Gatot Brajamusti

Gatot Brajamusti yang kini ditahan karena kasus narkoba dan permekosaan pernah menjalani tes DNA pada tahun 2016 lalu. Hal tersebut dilakukan polisi untuk memperkuat bukti bahwa Gatot menghamili salah satu wanita yang jadi korbannya.

Hasilnya tes menunjukkan kalau memang Gatot memiliki hubungan ayah-anak dengan anak seorang wanita berinisial CTP.

4. Anji

Erdian Aji Prihartanto atau yang populer disebut Anji juga pernah dikabarkan ingin melakukan tes DNA untuk membuktikan siapa ayah dari anak Sheila Marcia. Namun demikian ia membantah kabar tersebut.

5. Keanu Reeves

Tes DNA juga pernah dilakukan oleh aktor asal Kanada, Keanu Reeves. Pada tahun 2009 lalu Keanu yang membintangi film The Matrix tiba-tiba saja mendapat tuntutan dari seorang wanita bernama Karen Sala.

Keanu dituduh telah menghipnotis dan menghamili Karen yang menuntut uang bulanan untuk membesarkan anak. Tes DNA dilakukan dan hasilnya Keanu tidak terbukti memiliki hubungan orang tua dengan anak-anak Karen.


(fds/up)