Selasa, 05 Mar 2019 19:29 WIB

Alasan Makanan yang Tak Sehat Justru Bikin Ketagihan

Ayunda Septiani - detikHealth
Suka junk food? Foto: iStock Suka junk food? Foto: iStock
Jakarta - Kenapa ya Healthy Friends kalau kita makan kue, pizza, dan minuman soda bikin ketagihan? Kadang dengan 1 porsi saja tidak cukup. Dikutip dari Pied Mont Ahli diet di Thimas F. Chapman Family Cancer Wellness di Piedmony, mengatakan bahwa setiap orang yang memakan junkfood sulit untuk berhenti.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junkfood, atau jajanan yang belum dapat dipastikan kebersihannya seperti cilok, gorengan dan lain sebagainya merupakan hal wajar yang biasa dilakukan banyak orang.

Tetapi ternyata kesukaan terhadap makanan-makanan tersebut ternyata tidak hanya disebabkan oleh rasa yang terkandung di dalamnya melainkan melalui daya tarik dan bahaya yang terkandung di dalamnya.


"Makanan olahan terutama garam, gula, lemak, dan pengawet semuanya menciptakan kombinasi sensasi berbeda di mulut. Otak juga terlibat , makanan yang lenyap dengan cepat atau 'meleleh di mulut akan memberi sinyal ke otak. Dengan kata lain, makanan ini benar-benar memberi tahu otak bahwa kamu tidak kenyang dan membutuhkan lebih banyak makanan," ujar Shayna Komar.

Dengan selalu makan junkfood, sebenarnya akan membebani tubuh. Karena tubuh akan bekerja keras untuk memetabolisme dari makanan junkfood yang jahat. Hal ini perlu diubah, karena kebiasaan yang sering mengatakan bahwa 'junkfood' enak.

"Jangan masuk dan mencium aroma dari wanginya makanan cepat saji, agar terhindar dari dari junkfood. Coba lah mulai melihat kembali makanan apa yang di masukkan ke dalam tubuh," tutupnya.

(up/up)