Jumat, 08 Mar 2019 05:05 WIB

Stres Menghadapi Hari Kejepit? Sempatkan untuk Meditasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Meditasi bisa menenangkan hati dan pikiran (Foto: thinkstock)
Jakarta - Stres menghadapi hari 'kejepit' bisa kamu atasi dengan bermeditasi. Tak perlu berlama-lama, cukup luangkan waktu beberapa menit untuk menenangkan hati dan pikiran sebelum mulai beraktivitas. Bisa juga dilakukan dengan curi-curi waktu di sela-sela beraktivitas.

Meditasi adalah proses untuk melatih pikiran agar lebih fokus. Kamu bisa menggunakannya untuk meningkatkan tingkat kesadaran tentang diri sendiri dan lingkungan. Banyak juga yang bermeditasi untuk mengurangi stres dan mengembangkan konsentrasi.

Beberapa orang juga bermeditasi untuk meningkatkan suasana hati dan pandangan positif, kedisiplinan diri, mendapatkan pola tidur yang sehat bahkan peningkataan toleransi dari rasa sakit.

Nah, berikut berbagai manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari meditasi, dikutip detikHealth dari berbagai sumber:



1. Mengurangi stres

Mengurangi tingkat stres adalah alasan banyaknya orang melakukan meditasi. Latihan ini sangat efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah studi mengungkapkan meditasi dapat mengurangi tingkat kepadatan jaringan otak yang terkait dengan kecemasan dan stres.

2. Meningkatkan imunitas

Relaksasi tampaknya mampu meningkatkan kekebalan pada tubuh. Sebuah penelitian di Ohio State University menemukan dengan melakukan meditasi setiap hari, risiko kekambuhan kanker payudara akan menurun.

Dalam penelitian lain, satu bulan berlatih meditasi dalpat meningkatkan jumlah sel baik yang memberi perlawanan terhadap tumor dan virus.

3. Meningkatkan kesuburan

Studi yang dilakukan di University of Western, Australia menunjukkan seorang wanita akan lebih bisa hamil ketika melakukan latihan meditasi. Pada pria, meditasi bisa meningkatkan jumlah dan menambah pergerakan sperma yang juga terkait dengan peningkatan masa kesuburan.



4. Meredakan iritasi usus

Ketika seseorang yang mengalami iritasi usus kemudian melakukan meditasi dua kali sehari, gejala kembung, diare dan sembelit akan berkurang secara signifikan. Para peneliti di State University of New York pun sangat merekomendasikan meditasi sebagai pengobatan yang efektif.

5. Menurunkan tekanan darah

Sebuag penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa meditasi mampu menurunkan tekanan darah dengan menjadikan tubuh 'kebal' terhadap hormon stres sehingga secara signifikan, tingkat tekanan dalam darah pun berkurang.

Jadi, selain mengurangi tingkat stres, bermeditasi juga membuat pikiran lebih tenang dan terlebih lagi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Siapkan dirimu dan mulailah bermeditasi. Namaste.



Apa Kata Mereka soal Fenomena Sakit di Hari Kejepit? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)