Jumat, 08 Mar 2019 11:12 WIB

Seperti Kanker Darah Bu Ani, Penyakit Ini juga Butuh Donor Sumsum Tulang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ani Yudhoyono mendapatkan transplantasi sumsum tulang karena kanker darah. Foto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono Ani Yudhoyono mendapatkan transplantasi sumsum tulang karena kanker darah. Foto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono
Jakarta - Belum lama ini, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani pengobatan kanker darahnya di Singapura telah menemukan donor sumsum tulang belakang yang cocok guna proses penyembuhannya.

Donor sumsum tulang belakang diperlukan bagi para pengidap kanker darah sebagai salah satu penanganannya. Ini disebabkan kanker darah bukan termasuk kanker padat dan tempat bermulanya berada di sumsum tulang di mana sel-sel darah sehat diproduksi.

Jenis kanker darah yang kerap membutuhkan transplantasi sumsum tulang atau bone marrow transplant adalah acute myelogenous leukemia (AML). Di dalam sumsum tulang terdapat sel punca, yakni sel-sel muda yang nantinya akan berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.



Selain kanker darah, ada beberapa penyakit yang juga membutuhkan transplantasi sumsum tulang untuk pengobatannya.

1. Anemia aplastik

Anemia aplastik merupakan kelainan di mana sumsum tulang behenti membuat sel darah baru, sehingga kondisi ini membuat pengidapnya merasa cepat lelah dan berisiko infeksi yang lebih tinggi.

Kondisi ini bisa terjadi pada usia berapapun, dan seringnya terjadi tanpa gejala. Salah satu jenis pengobatan anemia aplastik yaitu transplantasi sumsum tulang untuk mengembalikan fungsi sumsum tulang menghasilkan sel darah baru.

2. Limfoma

Limfoma adalah kanker yang di mulai pada sel-sel yang melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh atau disebut limfosit. Sel-sel ini berada di kelenjar getah bening, limpa, tumus, sumsum tulang, dan bagian tubuh lainnya.

Ada dua jenis limfoma, yaitu limfoma Non-Hodgkin dan limfoma Hodgkin. Setiap jenis limfoma tumbuh pada tingkat yang berbeda dan merespon berbeda terhadap pengobatan.

Salah satu pengobatannya adalah transplantasi sumsum tulang dengan mentransplantasikan sel induk yang diambil dari sumsum tulang guna mengganti sel pembentuk darah yang biasanya dihancurkan oleh pengobatan kanker seperti kemoterapi.

3. Multiple myeloma

Multiple myeloma adalah kanker yang terbentuk dalam jenis sel darah putih yang disebut sel plasma. Sel plasma ini membantu tubuh melawan infeksi dengan membuat antibodi yang dapat mengenali dan menyerang kuman.

Kanker ini menyebabkan sel-sel kanker menumpuk di sumsum tulang, tempat memproduksi sel-sel darah baru. Maka dari itu, salah satu pengobatannya adalah transplantasi sumsum tulang untuk menghasilkan sel-sel darah yang sehat.



4. Neutropenia bawaan

Neutropenia adalah kelainan pada kadar neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang terbentuk di sumsum tulang dan bergerak dalam aliran darah serta berpindah pada bagian tubuh yang mengalami infeksi.

Kadar neutrofil kurang dari 500 tergolong sebagai neutropenia. Salah satu pengobatannya adalah dengan transplantasi sumsum tulang untuk mendapatkan neutrofil tambahan.

5. Thalassemia

Thalassemia adalah kondisi darah di mana seseorang memiliki sel darah dan hemoglobin lebih sedikit dari seharusnya. Hemoglobin sangat penting untuk sel darah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain transfusi darah, pasien thalassemia juga bisa mendapatkan pengobatan transplantasi sumsum tulang untuk menghilangkan sel-sel yang membuat thalassemia dan menggantikannya dengan sel donor yang sehat.

(wdw/wdw)
News Feed