Jumat, 08 Mar 2019 19:44 WIB

Edo Eks Indonesian Idol Ditangkap, Seberapa 'Nyandu' Narkoba Jenis Sabu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Edo eks Indonesia Idol ditangkap karena narkoba sabu. Foto: dok.istimewa
Jakarta - Dalam waktu yang berdekatan beberapa tokoh publik dikabarkan ditangkap polisi tersandung kasus pengalahgunaan narkoba. Politisi Andi Arief, penyanyi Zul 'Zivilia', dan yang paling terakhir eks finalis Indonesiam Idol Edo harus berurusan dengan hukum akibat sabu.

Pria dengan nama lengkap Edi RC Marien tersebut ditangkap di apartemen kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Polisi menyita barang bukti sabu yang disimpan di plastik klip kecil dan alat hisapnya.


Menurut dr Nicole Lee dari National Drug Research Institute, Australia, sabu jadi narkoba yang populer disalahgunakan karena memiliki efek kuat dalam memicu hormon dopamin di otak. Namun dari sisi membuat kecanduan, sabu masih bisa dibilang punya potensi sedang.

"Dibandingkan dengan narkoba lain, sabu punya potensi ketergantungan sedang. Tingkat ketergantungan di antara penggunanya mungkin mirip dengan pemakai ganja," kata dr Nicole seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (8/3/2019).

"Hanya harus diingat karena metamfetamin (nama lain sabu -red) punya efek kuat mengubah otak, sekali seseorang kecanduan akan sangat sulit lepas. Kita tidak bisa menentukan siapa yang akan kecanduan dan siapa yang tidak," lanjutnya.

dr Nicole mengatakan menurut pengalaman riset perlu waktu sekitar satu tahun dari seseorang mencoba sabu, terbiasa menggunakannya, hingga akhirnya kecanduan.

Video: Ini Alasan Zul ''Zivilia'' Edarkan Narkoba
[Gambas:Video 20detik] (fds/up)