Sabtu, 09 Mar 2019 11:05 WIB

Virus Baru Medusa Bisa Mengubah 'Korbannya' Jadi Batu

Firdaus Anwar - detikHealth
Medusavirus disebut jenis virus baru yang menginfeksi ameba. (Foto: Thinkstock) Medusavirus disebut jenis virus baru yang menginfeksi ameba. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dalam laporan di jurnal Virology peneliti menemukan virus raksasa jenis baru yang diberi nama medusavirus. Nama tersebut terinspirasi oleh monster medusa dalam mitologi Yunani yang punya kekuatan bisa mengubah korbannya menjadi batu.

"Kami mengisolasi virus NCLDV baru dari sebuah mata air panas di Jepang, namanya medusavirus," tulis peneliti Genki Yoshikawa dari Kyoto University dan dikutip pada Sabtu (9/3/2019).



Menurut peneliti medusavirus ini hanya menginfeksi ameba (ejaan baku untuk amoeba) Acanthamoeba castellanii. Dalam uji laboratorium ketika terinfeksi medusavirus ameba akan segera mengeras menghasilkan kulit luar yang kokoh dan masuk ke dalam fase non-aktif menjadi kista.

Medusavirus dikatakan peneliti masuk dalam jenis virus raksasa karena memiliki genom besar dibandingkan virus pada umumnya.

Meski demikian medusavirus memiliki ciri khas unik tidak ditemukan pada virus raksasa lain seperti memiliki 2.600 duri. Oleh karena itu peneliti mengklasifikannya sebagai jenis keluarga virus baru bernama Medusaviridae.

"Medusavirus adalah virus raksasa yang unik karena menyimpan jejak-jejak interaksi purbakala antara virus dan inangnya," pungkas peneliti.



Fiuh beruntung ternyata virus medusa tidak berbahaya. Bisa bayangkan kalau ia menginfeksi manusia? (fds/up)
News Feed