Minggu, 10 Mar 2019 10:00 WIB

Video Viral Anak Tiru Suara Orang Tuanya Bercinta, Ini yang Harusnya Dilakukan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Anak pada dasarnya sering meniru apa yang dilakukan oleh orang tua. (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah video viral di media sosial. Dalam video tersebut, anak kecil itu tampak menirukan 'suara-suara' yang diduga dibuat orangtuanya ketika bercinta. Yang membuat jadi kontroversi, seorang wanita diduga ibu sang anak memvideo anak tersebut dan memintanya untuk mengulangi suara yang ia buat tersebut.

"Bukan hal patut dibanggakan dan lucu. Harusnya hal2 begini jangan dianggap remeh. Karena anak kecil itu menyimpan semua apa yg mereka liat," kata salah satu warganet di kolom komentar.

"Iyaa betul... Tapi si anak kecil sudah terlanjur lihat bagaimana?" sahut yang lain.

Nah, pada artikel detikHealth sebelumnya, Ayah Edy, Praktisi Multiple Intelligence & Holistic Learning pernah menjelaskan untuk tidak membohongi anak ketika mereka tidak sengaja melihat atau mendengar orang tuanya bercinta. Tetapi, perlu dijelaskan juga ya bahwa 'aktivitas' tersebut hanya boleh dilakukan ketika sudah menikah atau saat si anak menjadi ayah dan ibu.



"Seiring bertambahnya usia nanti anak juga akan mengerti melalui instingnya kok. Misal saat menikah nanti, berhubungan suami istri akan terjadi secara naluriah," ungkap Ayah Edi.

Sama halnya juga berciuman misalnya, anak bisa dijelaskan bahwa berciuman adalah bentuk kasih sayang. Sebutkan juga kalau ada ekspresi kasih sayang lain seperti cium pipi atau berpelukan.

Sementara itu, dikutip Today's Parent, Hanna McDonough, Psikoterapis yang biasa membahas mengenai isu keluarga ini menyebutkan sudah terlambat kalau anak sudah sampai masuk ke dalam kamar.

"Sudah terlambat kalau anak-anak sudah memergoki. Orang tua harusnya memanajemen kehidupan seks mereka dengan baik dan termasuk juga mengunci pintu."

Kalau sudah begini jangan pura-pura tidak tahu atau tidak terjadi apa-apa. Walaupun awkward sih tapi kamu harus membicarakannya dengan anak. McDonough percaya tidak ada seorang pun yang seharusnya malu dengan kata seks.

"Orang tua membawa pikiran kalau mereka seharusnya tidak melakukan ini. Seandainya kamu menghindar dan tidak bilang apa-apa, lalu seks menjadi rahasia, dan anak-anak tidak suka rahasia," tandasnya.




Simak Juga 'Viral! Sindiran Iklan Setan Gorengan yang Bikin Ngakak':

[Gambas:Video 20detik]



Video Viral Anak Tiru Suara Orang Tuanya Bercinta, Ini yang Harusnya Dilakukan
(ask/up)