Minggu, 10 Mar 2019 19:00 WIB

K-Pop Idol Taeyeon Ulang Tahun, Simak Caranya Kelola Stres

Roshma Widiyani - detikHealth
Pesona Taeyeon yang banyak penggemarnya. Foto: Girls Generation/Twitter Pesona Taeyeon yang banyak penggemarnya. Foto: Girls' Generation/Twitter
Jakarta - Berulang tahun genap ke-30, bintang K-Pop Taeyeon banjir ucapan selamat dan doa dari penggemarnya. Salah satunya doa supaya tetap sehat lahir batin selama menjajaki karier sebagai idol. Taeyeon yang debut bersama girl group SNSD atau Girls' Generation masuk dunia industri hiburan di usia 18 tahun.

Sebagai idol, hidup Taeyon tak pernah sepi dari perhatian dan pemberitaan media. Taeyeon sendiri tak segan membicarakan stres yang dialaminya. Namun tekanan tersebut mungkin tidak akan selesai selama Taeyeon masih berkarir sebagai idol dengan banyak fans. Dikutip dari Koreaboo, berikut beberapa cara Taeyeon mengelola stres.


1. Hobi mewarnai

Idol K-Pop, Taeyeon, memang dikenal hobi mewarnai sejak dulu.Idol K-Pop, Taeyeon, memang dikenal hobi mewarnai sejak dulu. Foto: instagram/Taeyeon_SS


Taeyeon dikenal para fans sebagai idol kreatif yang suka mengolah berbagai warna. Nggak heran jika Taeyeon punya hobi mewarnai gambar (coloring), kuku (nail art), hingga rambutnya sendiri. Taeyeon kerap mengunggah foto saat mewarnai gambar sendiri atau bersama teman dalam akun media sosial.

Dikutip dari The Guardian, periset psikologi dari University of Otago in New Zealand telah membuktikan manfaat mewarnai bagi kesehatan mental. Mewarnai selama 10 menit per hari adalah alat bantu mandiri untuk mengelola gejala stres dan gangguan mental yang lain.

2. Tetapkan jam kerja

Bekerja di dunia hiburan, Taeyeon akrab dengan jam kerja yang panjang dan tak kenal waktu. Taeyeon bisa bekerja 24 jam selama 7 hari tanpa selingan libur. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik Taeyeon yang dikenal bertubuh mungil ini.

"Sekarang saya menetapkan jam kerja sampai pukul 23.00. Saya bahkan mengatur alarm yang akan berbunyi tepat pukul 23.00. Semua pekerjaan selalu saya usahakan selesai sebelum alarm berbunyi. Setelah pukul 23.00 adalah waktu untuk diri sendiri," kata Taeyeon.

3. Tak segan bertindak tegas

Media sosial Taeyeon dikenal sebagai salah satu yang paling berpengaruh di Korea. Taeyeon mengatakan, medsos adalah sarana komunikasi paling efektif dengan seluruh fansnya. Namun lewat medsos juga Taeyeon menerima hate comment dari netijen yang kerap bikin sakit hari. Menghadapi komen ini, Taeyeon tidak segan bertindak tegas berdasarkan hukum.

"Saya membaca semua komen. Dalam tahap ini, saya khawatir komen ini lebih menyakiti orang di sekitar saya. Saya dan agensi sudah berdiskusi dan kini sedang mengumpulkan semua bukti hate comments. Saya bersyukur atas semua dukungan fans dan semua orang yang mencintai saya," kata Taeyeon.

(ask/ask)