Senin, 11 Mar 2019 09:32 WIB

Tetap Sehat di Usia 70-an, Ini Resep Keluarga Jusuf Kalla

Rosmha Widiyani - detikHealth
Wapres Jusuf Kalla atau JK (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom) Wapres Jusuf Kalla atau JK (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla ternyata punya tips sehat menjalani kehidupan sehari-hari. Pola hidup ini sukses membantu Wapres yang kini berusia 77 tahun dan istrinya Mufida Kalla yang memasuki 76 tahun tetap aktif dan produktif.

Seperti dituturkan salah satu putri Jusuf Kalla, Muswira Kalla, pasangan tersebut rajin melakukan olahraga. Pola makan juga diperhatikan supaya tidak mudah sakit dan produktif di usia lanjut.

"Bapak dan ibu saya rajin olahraga makanya jalan keduanya masih cepat. Ibu malah sebetulnya jalan lebih cepat daripada bapak. Saya juga olahraga tapi masih on-off," kata Muswira yang merupakan Direktur Utama PT Sarana Mediktama Kemang dan mengelola Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang Medical Care (KMC), Minggu (10/3/2019).



Menurut Muswira, ayahnya jalan kaki tiap hari yang kadang diselingi golf. Selama di padang golf, sang ayah sedapat mungkin jalan kaki daripada menggunakan mobil. Sementara ibunya memilih senam osteoporosis 2 kali seminggu bersama teman-temannya. Menurut Musjwirah, senam sukses membantu sang ibu merasa lebih segar.

Selain olahraga, Muswira mengatakan orangtuanya juga menjaga asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Ibunya sedapat mungkin memasak sendiri untuk ayah sehingga bisa mengawasi lansung bahan, bumbu, kebersihan, dan kualitas makanan. Paling tidak, sambal yang menjadi pendamping makan sang ayah berasal dari olahan ibunya.

Tips lain adalah menjaga suasana hati selalu optimis dan positif. Muswira selalu mengingat pesan ayahnya untuk menikmati tiap langkah dalam hidup, serta selalu belajar dan rendah hati. Kehidupan dan pekerjaan harus dinikmati supaya mendatangkan manfaat dan bahagia.

(up/up)
News Feed