Senin, 11 Mar 2019 14:40 WIB

Operasi Potong Rahang Lucinta Luna Habis Rp 300 Juta, Pemulihannya Lama

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Lucinta Luna (Foto: Desi Puspasari) Lucinta Luna (Foto: Desi Puspasari)
Jakarta - Lucinta Luna buka-bukaan soal operasi yang ia jalani melalui video yang diunggah di YouTube channel milik Hotman Paris. Salah satunya adalah operasi potong rahang yang bertujuan untuk membuat wajah tampak lebih lonjong.

"Ini beda-beda waktu (waktu operasinya --red)?" tanya Hotman.

"Beda-beda waktu. Entar kalau semua-semuanya (operasi berbarengan) nanti susah, makan enggak bisa, aku aja tuh pakai sedotan," aku Lucinta.



Lantas berapa lama pemulihan untuk luka operasi potong rahang seperti yang Lucinta Luna jalani? Dr dr Fonny Josh SpBP-RE(K), dari Klinik FJ Aesthetik immortal, Makassar, menjelaskannya kepada detikHealth.

"Seluruh luka, apakah luka operasi ataupun luka lainnya akan membutuhkan waktu 6 bulan sampai setahun untuk pulih seperti semula," ujar dokter dengan panggilan dr Fonny ini.

"Sangat berbeda dengan lepas benang, lepas benang pada wajah 7 hari, pantat 10 hari. Namun proses pematangan luka didalamnya tetap berlangsung terus hingga umumnya 6 bulan," tambahnya.

Semua prosedur operasi memiliki risiko yang sama. Akan tetapi ada kondisi membuat risiko bertambah bila pasien memiliki penyakit tambahan seperti, hipertensi, DM, kelainan jantung, atau masalah ginjal.

"Tentu saja operasi estetik memiliki risiko yang lebih besar karena pasien yang datang dalam kondisi sehat dan tubuh normal," tandasnya.

(ask/up)