Senin, 11 Mar 2019 21:57 WIB

Ada Pria Loncat di PIM 2, Kenali Tanda Peringatan Bunuh Diri

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi tempat kejadian perkara. Foto: Ari Saputra Ilustrasi tempat kejadian perkara. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Media sosial (medsos) diramaikan dengan curahan hati orang-orang yang melihat aksi seorang pria yang diduga bunuh diri dengan loncat dari lantai 3 Pondok Indah Mall (PIM) 2.

Belum dipastikan apakah insiden tersebut merupakan aksi bunuh diri atau kecelakaan. Namun dalam beberapa kasus, bunuh diri kerap dilakukan dengan cara meloncat dari ketinggian.

Kejadian serupa bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Menurut Benny Prawira, pendiri Komunitas Into The Light Indonesia, biasanya orang yang ingin bunuh diri memberikan tanda-tanda peringatan yang dinyatakan secara verbal (lewat kata-kata) kepada orang lain.



"Bisa dilihat di tanda peringatan bunuh diri bahwa menyatakan secara verbal ingin mati itu adalah tanda peringatan," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Benny menjelaskan ada delapan tanda peringatan bunuh diri yang harus diperhatikan, yaitu sering membicarakan keinginan untuk bunuh diri, membenci dan menghujat diri sendiri, mencari cara bunuh diri, mengatur segala hal untuk ditinggalkan, mengucapkan perpisahan, menarik diri dari orang lain, perilaku merusak diri sendiri, serta perubahan fisik dan mood yang drastis.

"Masalahnya adalah orang seringkali berasumsi ini caper bukan yah? Jauh lebih baik untuk kita langsung bertindak dan bertanya menunjukkan perhatian kita, daripada bertanya-tanya mencurigai semata," tuturnya.

Kebanyakan orang masih menganggap remeh tanda-tanda peringatan tersebut sehingga orang yang ingin bunuh diri tidak bisa diselamatkan.





Tonton video Pria Jatuh dari Lantai 3 PIM 2, Diduga Berencana Bunuh Diri:

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)