Selasa, 12 Mar 2019 08:09 WIB

5 Kebiasaan Pagi yang Dijamin Ampuh Turunkan Berat Badan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kebiasaan pagi hari berpengaruh besar pada berat badan (Foto: thinkstock) Kebiasaan pagi hari berpengaruh besar pada berat badan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kadang ada masa di mana ingin menyerah menjalani diet, habisnya kesannya susah banget sih menjalaninya!

Bingung mau mulai dari mana setelah dietmu gagal lagi gagal lagi? Dimulai dari kebiasaan kecil yang kamu mulai di pagi hari saja, ini sudah bisa memberikan dampak yang berarti bagi dietmu.

Dikutip dari Health Line, ini dia beberapa kebiasaan kecil di pagi hari yang bisa kamu terapkan.



1. Sarapan makanan berprotein tinggi
Mengonsumsi sarapan tinggi protein dapat membantu mengurangi keinginan makan dan membantu penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian pada 20 remaja putri, makan sarapan tinggi protein mengurangi ngidam setelah makan lebih efektif daripada sarapan yang mengandung lebih sedikit protein.

Studi kecil lain menunjukkan bahwa makan sarapan tinggi protein dikaitkan dengan lebih sedikit lemak dan mengurangi asupan dan rasa lapar setiap hari, dibandingkan dengan sarapan dengan makanan lebih sedikit protein.

Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin, 'hormon lapar' yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan.

Pertimbangkan telur, Greek yogurt atau chia seeds untuk memulai hari.

2. Minum air putih
Memulai pagi dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk menurunkan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh, setidaknya selama 60 menit.

Dalam sebuah penelitian kecil, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air menyebabkan peningkatan metabolisme sebesar 30 persen, pada rata-rata.

3. Jangan lupa timbang berat badan
Menimbang diri sendiri setiap pagi bisa menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan kontrol diri.

Beberapa studi mengaitkan menimbang berat badan setiap hari dengan penurunan berat badan yang lebih besar.

Misalnya, sebuah penelitian pada 47 orang menemukan bahwa mereka yang menimbang diri mereka sendiri setiap hari kehilangan sekitar 13 pound (6 kg) selama enam bulan dibandingkan mereka yang menimbang diri mereka lebih jarang.



4. Kena sinar matahari makanya
Dari penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information, US National Library of Medicine, menemukan paparan tingkat cahaya moderat pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat memiliki pengaruh pada berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa paparan radiasi ultraviolet membantu menekan kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Beberapa penelitian telah menemukan memenuhi persyaratan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan.

5. Berlatih 'Mindfulness'
Mindfulness adalah praktik yang melibatkan pemfokusan penuh pada saat ini dan membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Latihan ini telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan kebiasaan makan yang sehat.

Misalnya, analisis dari 19 studi menemukan bahwa intervensi berdasar mindfulness meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi perilaku makan yang berhubungan dengan obesitas.

(ask/up)