Rabu, 13 Mar 2019 17:06 WIB

Begini Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Wanita Aktif

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Peluncuran Andalan Feminine Care Intimate Wash/ Foto: Nabila Putri / detikcom Peluncuran Andalan Feminine Care Intimate Wash/ Foto: Nabila Putri / detikcom
Jakarta - Kebersihan area kewanitaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perempuan, khususnya perempuan Indonesia dengan iklim tropis. Apabila tidak dirawat dengan baik, daerah sensitif tersebut bisa memicu berbagai permasalahan kesehatan reproduksi, misalnya keputihan, iritasi dan infeksi saluran kemih.

Perempuan telah menjadi inspirasi bagi Indonesia dalam melahirkan berbagai inovasi dan inspirasi. Untuk itu Marketing Manager DKT Indonesia Ade Maharani percaya bahwa kesehatan adalah modal utama bagi seorang perempuan.

"Untuk itu, melalui Andalan sampai saat ini kita telah melayani lebih dari 7 juta perempuan Indonesia dalam kelompok perencanaan keluarga yang berkontribusi dalam pencegahan 2,2 juta kehamilan yang tidak direncanakan, 1.100 kematian ibu dan 5.500 kematian bayi setiap tahunnya di Indonesia," papar Ade Maharani saat peluncuran Andalan Feminine Care Intimate Wash, di Kaum Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).


Dalam jurnal Skala Husada, Wayan Mustika mengungkapkan bahwa 75% perempuan Indonesia pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya. Oleh karena itu Aesthetic Gynaecologist dr Dinda Derdameisya, Sp.OG memaparkan banyak faktor yang menjadi aspek mempengaruhi kesehatan pada area kewanitaan.

"Momen tersebut di antaranya, faktor internal seperti ketidakseimbangan hormon, pubertas, saat menstruasi, hingga kondisi seperti kehamilan, melahirkan bahkan menopause. Faktor eksternal karena gaya hidup yang tidak sehat, serta kebiasaan malas mengganti underwear saat tubuh berkeringat. Maupun faktor lingkungan karena kondisi cuaca yang panas serta lembab," pungkas dr Dinda.

Untuk itu ia menekankan saat melakukan pembersihan area kewanitaan hendaknya dilakukan dengan benar. Sehingga ia memberikan cara membersihkan kewanitaan dengan benar, pertama selalu membersihkan area kewanitaan dengan air bersih.

Kemudian rajin mengganti underwear minimal dua kali sehari dan pada saat area kewanitaan sedang lembab, memilih bahan underwear yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak menimbulkan iritasi.

"Dan menggunakan produk Feminine Hygiene yang tepat dengan kandungan prebiotics dan bahan alami serta memiliki pH balance berkisar antara 3,5-4,9, sehingga aman dan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan area kewanitaan," papar dr Dinda.


Adapun 3 varian utama produk natural feminine care untuk wanita aktif yaitu Andalan Feminine Care Intimate Wash antara lain Andalan Fresh Intimate Wash, Andalan Revitalize Intimate Wash dan Andalan Natural White Intimate Wash. Ketiga varian tersebut mengandung berbagai bahan alami yang diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan kualitas kebersihan area kewanitaan.

"Bahan alami menjadi salah satu pertimbangan perempuan aktif dan modern saat ini dalam memilih produk kesehatan. Untuk itu melalui peluncuran Andalan Feminine Care, kami berharap dapat menginspirasi perempuan Indonesia untuk lebih menjaga kesehatan reproduksinya dan memilih produk Feminine Hygiene yang memiliki kandungan natural. Sehingga dapat menjadi Andalan di setiap momen, dan memberikan kesegaran alami serta nyaman sepanjang hari," jelas Brand Manager Andalan Feminine Care, Maharani Anindita. (ega/up)