Kamis, 14 Mar 2019 08:51 WIB

Galau karena IG dan FB Tumbang? Coba Tantangan Ini Sehari Saja

Widiya Wiyanti - detikHealth
Zaman sekarang, rasanya susah betul lepas dari media sosial (Foto: iStock)
Jakarta - Zaman sekarang hampir semua orang bergantung pada media sosial. Sayangnya saat ini Facebook dan Instagram tengah tumbang tidak dapat diakses. Tak sedikit orang yang galau karena hal itu.

Kemudahan penggunaan dan akses ke mana saja tidak dipungkiri bahwa media sosial menjadi candu bagi netizen. Ada saja orang yang tak bisa lepas dari media sosialnya walau hanya satu jam.

Nah kebetulan Facebook dan Instagram sedang tumbang, tidak ada salahnya jika digunakan sebagai momen untuk mengendalikan kecanduan media sosial ini dengan beberapa cara berikut seperti dikutip dari berbagai sumber.



1. Batasi pegang HP

Mumpung Facebook dan Instagram tumbang, batasi penggunaan HP pada hari ini. Gunakan HP bilang memang diperlukan, seperti mengirim pesan atau telepon. Jangan gunakan HP untuk membuka media sosial. Coba lakukan hal ini dari sekarang!

2. Ngobrol langsung

Media sosial memudahkan kita untuk chit chat dengan orang nan jauh di sana. Nggak usah galau, sekarang coba ngobrol dengan orang yang ada di sekitarmu, misal keluarga, teman, atau rekan kerja. Tampaknya akan lebih asik jika ngobrol saling tatap muka.



3. Lakukan hobimu

Apa hobimu selain bermain media sosial? Membaca, memasak, berenang? Lakukan sekarang mumpung Facebook dan Instagram sedang tumbang. Manfaatkan hal ini untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Selain bisa mengisi kekosongan waktumu, melakukan hobimu juga bisa membantu mengendalikan kecanduan medsos.

4. Olahraga yuk

Nah nggak ada salahnya mengganti kebiasaan diam di tempat dengan hanya ibu jari yang bergerak, dengan bergerak mengaktifkan seluruh tubuh. Bukan hanya bisa mengendalikan kecanduan media sosial, tapi dengan olahraga kamu juga bisa sehat dan bugar.

5. Ulangi

Sayang kan kalau kamu sudah melakukan keempat hal tersebut tapi hanya di hari ini saja? Maka dari itu, yuk ulangi langkah-langkah itu supaya kita benar-benar bebas dari rasa candu media sosial.

(wdw/up)