Senin, 18 Mar 2019 07:13 WIB

Sandiaga Sebut Kacang Hijau Bisa Atasi Stunting, Daun Kelor Juga Bisa Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Daun kelor untuk atasi stunting. Foto: iStock Daun kelor untuk atasi stunting. Foto: iStock
Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno menyebut programnya akan berikan susu dan kacang hijau untuk atasi stunting yang masih cukup tinggi di Indonesia.

"Kami yakin gizi anak akan lebih baik kalau kita beri program antara sistem pendidikan di mana TK dan SD menyiapkan susu dan kacang hijau seperti di Jakarta yang kami jalankan sehingga stunting bisa kita turunkan semakin cepat untuk masa depan Indonesia menang," katanya, Minggu (17/3/2019).


Ternyata selain kacang hijau, daun kelor juga bisa lho mencegah terjadinya stunting di Indonesia. Hal ini pernah disampaikan Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek karena daun kelor mudah ditemui di Indonesia.

"Kita tahu daun kelor, saya juga waktu itu pernah ditegur katanya ngurusin stunting atau ngurusin kurang gizi itu dengan daun kelor lho. (Konsumsi) daun kelor dengan kacang hijau," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl Rasuna Said, Senin (12/11/2018).

"Daun kelor itu nggak ada di tempat lain, hanya ada di Indonesia. Artinya gizi anak kita juga tertolong di sini. Kan kita bisa inovasi, di bentuk berbagai macam," katanya.

Selain dapat mencegah terjadinya stunting pada anak Indonesia, daun kelor juga memiliki manfaat lain, seperti obat stres, mengatasi diabetes, mencegah peradangan, dan mencegah penuaan dini.

(wdw/up)