Senin, 18 Mar 2019 17:55 WIB

5 Manfaat Infused Water Seperti yang Diminum Sandiaga Uno

Firdaus Anwar - detikHealth
Sandiaga terekam kamera membawa apa yang tampak seperti infused water lemon. (Foto: screenshot transmedia) Sandiaga terekam kamera membawa apa yang tampak seperti infused water lemon. (Foto: screenshot transmedia)
Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menarik perhatian warganet ketika menunjukkan sebuah botol berwarna hijau dalam acara debat cawapres Minggu (17/3) malam. Dalam tangkapan kamera terlihat botol tersebut berisi air putih dengan potongan buah lemon yang biasa disebut infused water.

Dikutip dari CNN, Sandiaga mengaku sudah mengonsumsi infused water sejak tahun 2013 karena dibuatkan sang istri. Sejak saat itu infused water selalu menemani aktivitas Sandiaga karena dianggap baik untuk menjaga kesehatannya.

Memang apa saja sih manfaat infused water? Berikut rangkumannya dikutip detikHealth dari berbagai sumber:



1. Cegah dehidrasi

Kebutuhan cairan tubuh yang tidak terpenuhi dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi. Nah infused water dapat jadi alternatif minuman bagi mereka yang bosan dengan minum air putih namun tidak ingin ekstra kalori dari gula pada minuman manis.

Karena infused water dapat memiliki sedikit aroma dan rasa dari potongan buah yang dimasukkan di dalamnya, orang-orang jadi lebih 'termotivasi' untuk minum memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Bantu detoks

Ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak air lewat infused water maka dampaknya tentu juga ia akan jadi lebih sering kencing. Hal tersebut dikatakan beberapa ahli membantu proses detoks, membuang limbah beracun sisa-sisa metabolisme tubuh.

3. Sumber vitamin

Praktisi kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, pernah berkomentar bahwa infused water secara umum memang lebih baik dari air mineral biasa karena kandungan nutrisi buah yang terlarut dalam air. Namun demikian berapa banyak vitamin dan mineral yang terlarut dalam air tidak diketahui pasti sehingga disarankan juga untuk makan buahnya.

Infused water lemon yang tinggi vitamin C diklaim bagus untuk imunitas tubuh.Infused water lemon yang tinggi vitamin C diklaim bagus untuk imunitas tubuh. (Foto: Thinkstock)


4. Bantu imun tubuh

Infused water lemon yang tinggi vitamin C dikatakan oleh nutrisionis Mochamad Aldis, SKM, dapat membantu menangkal radikal bebas. Hal ini dampaknya akan memperkuat sistem imun sehingga seseorang jadi tidak mudah jatuh sakit karena infeksi.

5. Cegah batu ginjal

Spesialis urologi dr Dimas Nugroho, SpU, dari RS Bethsaida menjelaskan bahwa infused water jeruk atau lemon bisa mengandung asam sitrat yang bagus untuk meluruhkan batu ginjal. Menurutnya asam sitrat akan mencegah partikel dalam urine saling terikat menjadi kristal.

"Jadi yang mencegah itu satu sitrat kedua jaga supaya air kencing seencer mungkin. Infused water itu bagus," kata dr Dimas.

(fds/up)
News Feed