Selasa, 19 Mar 2019 09:50 WIB

Saatnya Generasi Muda Bicara Isu Kesehatan di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
generasi pemuda diharapkan untuk lebih peka dan bisa berkontribusi dalam pembangunan kesehatan. (Foto: ilustrasi/thinkstock) generasi pemuda diharapkan untuk lebih peka dan bisa berkontribusi dalam pembangunan kesehatan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Sebanyak 63 juta populasi di Indonesia merupakan remaja atau 26 persen dari total populasi. Saat ini, isu kesehatan remaja mulai menjadi sorotan, khususnya masalah gizi dan perilaku hidup sehat.

"Hasil Riskesdas menunjukkan 1 dari 4 remaja merokok. Padahal merokok pemicu berbagai penyakit. Hasil Global School Health Survey, remaja yang makan sayur setiap hari hanya 7 persen. Sebagian besar makannya fast food belum lagi ngomongin perilaku lain seperti narkoba ada 5 persen," kata Sekertaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Eni Gustina, saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Berawal dari problem diatas, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan bekerja sama untuk membuat suatu wadah agar para pemuda bisa berkolaborasi dalam menyelesaikan tantangan kesehatan. Upaya yang dilakukan dalam hal ini akan tertuang dalam agenda Youth Town Hall.



Youth Town Hall bertujuan untuk memahami kebutuhan kesehatan yang saat ini sedang dirasakan oleh generasi muda dan mendiskusikan keterlibatan mereka dalam masalah kesehatan dan kesejahteraan.

"Pemuda kita beri wadah dan kita latih, soalnya kalau yang bicara usia-usia seperti saya nggak akan cukup. Palingan dibilangnya 'orang tua tahu apa sih?'" tambahnya.

Untuk itu, generasi pemuda diharapkan untuk lebih peka dan bisa berkontribusi dalam pembangunan kesehatan. Setidaknya menjadi pengingat bagi kawan sebaya mereka apabila melakukan hal yang bisa mengancam kesehatan fisik maupun mentalnya.

"Intervensi kesehatan di usia anak dan remaja tidak hanya memberi manfaat bagi dirinya saat ini tapi juga di masa mendatang," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya