Selasa, 19 Mar 2019 17:52 WIB

Serem! Kasus Iritasi Mata Parah karena Kena Abu Rokok Pengemudi di Jalan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kasus mata iritasi karena abu rokok pengendara motor di jalan. Foto: Facebook/Rendhy Maulana Kasus mata iritasi karena abu rokok pengendara motor di jalan. Foto: Facebook/Rendhy Maulana
Jakarta - Merokok saat berkendara mungkin masih sering dianggap sepele, padahal ini sangat penting loh guna melindungi keselamatan dan kenyamanan orang lain juga. Karena itu, dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor tertulis juga larangan merokok saat berkendara.

Ada banyak alasan mengapa ini dilarang, bisa karena mengganggu konsentrasi, tapi bisa juga karena bahaya bara api rokok yang bisa masuk ke mata pengemudi lain! Beberapa kasus orang yang mengalami masalah penglihatan karena terkena abu rokok ini pun sempat viral di media sosial.

Pertama adalah Febry Risdhiyatama Fahrurriza yang sampai mengalami iritasi berat setelah matanya terkena abu rokok ketika berkendara motor. Saat kejadian, Febry berkendara sendiri dan di depannya ada motor yang ditumpangi 2 pria. Pria yang membonceng sedang merokok dan memegang rokok di tangan kanan.

"Saya mau nyalip dari kanan. Terus ada abu rokok masuk mata kiri, perih banget, panas. Padahal helm sudah saya tutup kacanya," ujar Febry dikutip dari detikNews.

Febry langsung buru-buru ke kamar mandi di SPBU dekat lokasi. Ia pun membasuh matanya dengan air.

Febry kemudian langsung secepatnya menuju kos dan memberikan obat tetes mata. Akan tetapi matanya semakin perih, matanya merah, dan pandangan menjadi kabur. Ia lantas memeriksakan ke dokter dan benar saja, ia mengalami iritasi dan infeksi berat sehingga diberi obat. Matanya juga mesti ditutup perban.


Sempat viral juga kejadian lain yang dialami Rendhy Maulana. Dalam halaman Facebook-nya Rendhy bercerita bahwa mata sebelah kanannya mengalami iritasi parah hingga kesulitan melihat akibat kena bara rokok yang tertiup angin di jalan.

"Terimakasih buat pengendara motor yg hobi ngerokok sambil bawa motor. bara api rokok lo bikin orang bahaya," sindir Rendhy melalui unggahannya.

Kepada detikHealth, Rendhy sempat menceritakan kisahnya. Ketika itu ia sedang dalam perjalanan pulang mengendarai sepeda motor di daerah Kampung Melayu, Jakarta Selatan. Lalu tiba-tiba saja Rendhy mengaku mata sebelah kirinya terasa sangat perih. Ia pun buru-buru menepi.

"Saya enggak tahu depan saya ada yang lagi ngerokok, nggak merhatiin tangannya juga. Langsung minggirin motor pas mata perih terus cuci mata, kebetulan di tas bawa air," ungkap Rendhy.

Perihnya benar-benar tidak mau hilang, penglihatannya juga kabur, hal ini membawa Rendhy untuk pelan-pelan membawa sepeda motornya pulang dan langsung mencari pertolongan dokter mata.

Pemeriksaan dokter menemukan ada bekas abu rokok pada mata Rendhy. Matanya mengalami iritasi parah namun beruntung masih bisa pulih.


Siapa yang pernah mengalami kejadian serupa? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yuk! (ask/up)
News Feed