Rabu, 20 Mar 2019 09:03 WIB

Pisang, Tomat, Yogurt: 10 Makanan yang Tak Cocok dengan Perut Kosong

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sarapan juga harus dengan makanan yang tepat. Foto: iStock Sarapan juga harus dengan makanan yang tepat. Foto: iStock
Jakarta - Jadi satu hal mudah yang kerap diabaikan, sarapan merupakan bagian terpenting dari metabolisme tubuh. Dengan tidak melewatkan sarapan, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan, termasuk menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit tertentu.

Eits, tapi juga jangan sembarangan memasukkan apapun ke dalam mulut tiap paginya. Dirangkum dari Bright Side, ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari saat perutmu masih kosong, seperti berikut ini:


1. Puff pastry

Makanan yang mengandung ragi dapat mengiritasi dinding perut dan bisa menyebabkan kentut. Jika kamu juga belum buang air besar di pagi hari, sangat berisiko kentutmu jadi berbau. Ugh!

Jangan makan makanan manis saat perut kosong.Jangan makan makanan manis saat perut kosong. Foto: Istimewa

2. Makanan manis

Memakan gula menaikkan kadar insulin dan meningkatkan beban pada pankreas yang baru saja 'bangun'. Terus-terusan memakan makanan manis di pagi hari bisa berisiko menyebabkan diabetes.

3. Produk susu fermentasi

Yogurt atau kefir tidak baik dimakan saat perut kosong, karena asam hidrokrolik yang terbentuk di dalam perut akan membunuh bakteri asam laktat. Maka dari itu memakan produk susu fermentasi untuk sarapan tak memiliki cukup manfaat untuk tubuhmu.


4. Buah pir

Serat kasar dalam buah pir dapat mencederai selaput lendir yang sangat halus saat perut kosong.


5. Tomat

Tomat mengandung kadar tinggi asam tannic yang meningkatkan keasaman di dalam perut. Jika terus-terusan dimakan, maka bisa menyebabkan sariawan di usus atau luka usus.

Hindari timun.Hindari timun. Foto: iStock

6. Timun dan sayuran hijau

Sayuran mentah bisa jadi sumber terbaik untuk asam amino. Namun mereka bisa menyebabkan mulas, kentut, dan nyeri perut bawah, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.

Pisang jadi buah tepat yang dimakan di saat yang salah.Pisang jadi buah tepat yang dimakan di saat yang salah. Foto: Istimewa

7. Pisang

Jika kamu memakan pisang saat perut kosong, bisa menimbulkan peningkatan tajam pada magnesium di dalam darah. Tingginya kadar magnesium bisa membahayakan jantung.


8. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi pada mukosa lambung dan meningkatkan produksi asam di dalam perut. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan sistem pencernaan umum.

Pisang, Tomat, Yogurt: 10 Makanan yang Tak Cocok dengan Perut KosongFoto: Istimewa

9. Minuman soda dingin

Meminum soda atau air berkarbonasi di pagi hari dapat merusak selaput lendir dan menurunkan suplai darah ke perut. Alhasil, pencernaan makanan akan menjadi lebih lambat.

Pisang, Tomat, Yogurt: 10 Makanan yang Tak Cocok dengan Perut KosongJeruk. Foto: iStock


10. Buah-buahan sitrus

Buah sitrus tinggi akan asam buah, sehingga bila dimakan pada perut kosong dapat menyebabkan mulas dan juga meningkatkan risiko gastritis dan bahkan luka di usus (gastric ulcers).

(frp/up)
News Feed