Rabu, 20 Mar 2019 18:27 WIB

Kena Cacar Air, Politikus yang Tolak Imunisasi Wajib Jadi Bahan Meme

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi sakit cacar air. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi sakit cacar air. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pemerintah Italia belakangan ini meluncurkan kebijakan kontroversial di mana anak yang tidak mengikuti imunisasi wajib tidak boleh masuk sekolah. Beberapa kalangan menolak aturan tersebut, salah satunya oleh politikus Massimiliano Fedriga dari partai sayap kanan Italia.

Nah terkait hal tersebut Fedriga kini jadi bahan ejekan di media sosial ketika ia dikabarkan dirawat di rumah sakit karena terinfeksi cacar air. Penyakit yang disebabkan virus Varicella zoster ini sebetulnya bisa dicegah dengan pemberian vaksin.



"Saya tahu saya tidak boleh tertawa di atas penderitaan orang lain, tapi kok rasanya...," komentar seorang pengguna Twitter.

Menanggapi hal tersebut Fedriga menegaskan bahwa dirinya bukan antivaksin. Ia hanya tidak setuju bila program vaksinasi jadi paksaan wajib seperti kini yang diterapkan di Italia.

"Saya selalu mengatakan kalau saya mendukung vaksin tapi untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan penting untuk bekerja sama dengan keluarga, bukan dengan aturan memaksa," tulis Fedriga di halaman Facebooknya.

Ahli mikrobiologi Profesor Roberto Burioni dari Universitas Vita-Salute San Raffaele mengomentari kasus Fedriga dan berharap ini menjadi pelajaran bagi orang tua yang masih ragu dengan vaksin. Menurut Burioni vaksin tidak hanya penting untuk anak-anak tapi juga orang tua.

"Kalau saja saat sakit Fedriga menginfeksi ibu hamil, kita bisa menghadapi kasus anak lahir cacat atau aborsi," kata Burioni seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (20/3/2019).

"Satu-satunya cara menghindari tragedi seperti itu adalah dengan memvaksinasi kita semua sehingga sirkulasi virus berbahaya yang bisa menyerang populasi retan ini dicegah," lanjutnya.



(fds/up)
News Feed