Rabu, 20 Mar 2019 18:58 WIB

Minim Info dan Istri Sudah KB, Alasan Pria Tak Pakai Kontrasepsi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi keluarga berencana. Foto: Ari Saputra Ilustrasi keluarga berencana. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Metode kontrasepsi untuk pria sebetulnya bukan hal baru. Sebagai bentuk penerapan Keluarga Berencana (KB), kontrasepsi untuk pria bisa dilakukan dengan kondom dan vasektomi. Namun ternyata tidak banyak pria yang tahu mengenai metode kontrasepsi tersebut.

Minimnya info terkait kontrasepsi untk pria dikatakan Jalil Rafiyanto (25), yang kini bertugas di Staf Teritorial (Ster) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Menurut pria yang telah beristri tersebut, dia pernah mendengar sekilas tentang kontrasepsi untuk pria.

"Nggak detail ya. Jika cukup info mungkin bisa jadi pertimbangan di masa mendatang, kalau emang harus pakai kontrasepsi," kata Jalil yang mengetahui info soal kontrasepsi pria dari istrinya.



Sedangkan Suparman (42) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengatakan tahu soal kontrasepsi untuk pria. Namun saat ini dia tidak menggunakan kedua metode kontrasepsi tersebut.

"Istri yang pakai kontrasepsi namun sebelumnya kami berkonsultasi terlebih dulu. Dari hasil konsultasi, kami sepakat istri yang akan menggunakan kontrasepsi. Kita nggak asal pilih metode terus langsung digunakan," ujar Suparman.

Menurut Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana (KB) Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN Nerius Auparai, kontrasepsi pria dipilih ketika wanita menunjukkan ketidakcocokan pada semua metode. Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) BKKBN 2018 menyatakan, penggunaan kondom masih di angka 3 persen sementara vasektomi adalah 0,3 persen.

Pria yang menggunakan kontrasepsi menunjukkan partisipasi aktif dalam merencanakan dan membangun keluarga. Penggunaan kontrasepsi dengan segala efek samping dan risikonya bagaimana pun bukan hanya kewajiban istri. Kerja sama suami istri memungkinkan keduanya membagi beban dan risiko dalam pembentukan keluarga.

(up/up)
News Feed