Kamis, 21 Mar 2019 06:37 WIB

6 Tips Sarapan Sehat bagi Pekerja Keras

Ayunda Septiani - detikHealth
Tips sarapan sehat agar tak gampang lelah bagi pekerja keras. Foto: Thinkstock Tips sarapan sehat agar tak gampang lelah bagi pekerja keras. Foto: Thinkstock
Jakarta - Apakah kamu pekerja yang lebih banyak bekerja di luar ruangan? Aktivitas kerja yang berat di luar ruangan tentu saja membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk memenuhi tuntutan kerja kamu sehari-hari.

Menyusun menu makanan yang tepat akan menjadi suatu keharusan bagi kamu yang ingin menjaga tubuh tetap stamina. Dikutip dari Health Line, 5 makanan ini bisa bantu kamu jaga stamina bagi para pekerja keras.



1. Karbohidrat yang cukup

Saat tubuh kamu melakukan kerja keras, ia akan membutuhkan energi yang besar. Untuk urusan yang satu ini, makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi akan menjadi solusi yang tepat untuk tubuh kamu. Menurut Harvard School of Public Health, kandungan karbohidrat yang baik dapat kamu temukan pada gandum, beras merah, pasta gandum, dan kacang-kacangan. Kandungan karbohidrat pada makanan tersebut akan membuat kamu tidak mudah lemas.

2. Protein

Jika dalam bekerja kamu lebih banyak mengandalkan kekuatan otot, tidak diragukan lagi kamu membutuhkan asupan protein yang cukup. Protein akan membantu memulihkan fungsi kerja otot. Departemen pertanian Amerika Serikat merekomendasikan jenis makanan seperti salmon, daging sapi dan daging ayam untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut.

3. Asupan kalori

Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan bahwa laki-laki berusia antara 19 sampai 50 tahun membutuhkan asupan kalori sebanyak 3000 kalori per hari. Jumlah asupan tersebut di khususkan bagi kamu yang melakukan aktivitas berat setiap harinya.

Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut adalah dengan makan tiga kali sehari secara teratur. Menambahkan menu makanan kecil disela-sela jadwal makan kamu adalah sesuatu yang dianjurkan. Cara ini berfungsi untuk menjaga energi kamu tetap konsisten sepanjang hari.



4. Keseimbangan

Tubuh membutuhkan setidaknya 13 vitamin secara teratur. Nutrisi yang satu ini dapat diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran dan susu.

Kandungan makanan di atas setidaknya harus ada dalam setiap menu makanan yang setiap hari kamu konsumsi. Tujuannya agar kamu selalu berada dalam kondisi yang prima setiap hari meskipun dihadapkan pada pekerjaan yang berat.

5. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung cairan isotonik yang didalamnya terdapat kalium, Magnesium, Kalsium, Natrium, Fosfor , Air kelapa hijau memiliki keistimewaan dapat menetralkan racun didalam tubuh, mencegah dehidrasi, menghilangkan kram otot dan meningkatkan elektrolit tubuh sehingga stamina tetap berada didalam kondisi terbaiknya.

Air kelapa hijau bisa juga dijadikan sebagai minuman penambah daya tahan tubuh bagi orang orang yang baru pulih dari sakit. konsumsilah satu kali sehari secara rutin.

6. Susu kacang kedelai

Perpaduan susu yang dicampur dengan sari kacang kedelai sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh segala umur. Kedua bahan sehat tersebut mengandung protein tinggi, Vitamin B komplek, Kalsium, Vitamin D dan mineral.

Mengkonsumsi susu kacang kedelai setiap hari cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap stabil. Bagi seseorang yang baru pulih dari sakit susu kacang kedelai dapat menambah daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.



(up/up)
News Feed