Kamis, 21 Mar 2019 07:26 WIB

Ungkapan Sedih Sherina Harus Kurangi Kopi Karena Ingin Jaga Pita Suara

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sherina sedang mengurangi kopi demi kesehatan lambungnya (Foto: Asep Syaifullah) Sherina sedang mengurangi kopi demi kesehatan lambungnya (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta - Dalam akun Instagram pribadi miliknya, penyanyi Sherina Munaf bercerita mengenai kondisi tubuhnya yang akhir-akhir ini tidak terlalu fit. Asam lambungnya sering naik yang bisa saja mempengaruhi kondisi pita suaranya.

"Entering third week of life without coffee. Semua dikarenakan GERD yang lama-lama mempengaruhi pita suara. Bisa tiba-tiba dua minggu suara serak tanpa adanya radang, pilek, atau fatigue. Ternyata sumbernya dari asam lambung. Paling seram adalah momen sesak nafas dan susah nelen makanan. Anyone familiar with these GERD symptoms?," tulis Sherina.

Gadis yang ternyata pecinta kopi ini harus merelakan diri untuk berpisah sejenak dari minuman favoritnya itu. Meski awalnya hanya mengurangi, Sherina akhirnya harus berhenti total karena ingin menjaga agar suaranya tidak hilang.



Dikutip dari Medical News Today, beberapa makanan dan minuman seperti teh dan kopi dapat memicu dan memperburuk gejala kenaikan asam lambung yang naik ke kerongkongan (GERD). Konsumsi kopi seringkali tidak dianjurkan pada pasien GERD, karena kopi bisa memicu kondisi yang lebih parah bagi mereka.

Mereka yang punya kondisi asam lambung sering naik hingga ke kerongkongan memang berisiko mengalami kerusakan pita suara. Ini dikarenakan asam lambung mengiritasi laring dan menimbulkan luka sehingga memicu pita suara tidak berfungsi dengan normal.

Sebagai seorang penyanyi, Sherina tentu nggak ingin pita suaranya mendadak hilang. Jadi dengan berat hati, kopi harus ia tinggalkan untuk sementara. Cepat pulih, Sherina!

(kna/up)