Kamis, 21 Mar 2019 11:35 WIB

Ladies, Ini Kesalahan Pemakaian Pembalut yang Wajib Kamu Ubah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sepanjang hidupnya seorang wanita menggunakan 10.000 pembalut. (Foto: iStock) Sepanjang hidupnya seorang wanita menggunakan 10.000 pembalut. (Foto: iStock)
Jakarta - Normalnya, wanita mengalami periode menstruasi sebanyak 480 kali sepanjang hidupnya. Rata-rata kaum hawa menggunakan lebih dari 10.000 pembalut. Tapi ternyata masih ada beberapa kesalahan dalam penggunaan pembalut yang seringkali menimbulkan masalah pada area kewanitaan.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan di area Miss V ketika sedang menstruasi. Sebab ternyata masih banyak wanita yang terkesan malas mengganti pembalut. Kan jorok!

Nah, berikut kesalahan pemakaian pembalut yang wajib kamu ubah dikutip detikHealth dari berbagai sumber.



1. Jarang mengganti pembalut

Saat mengalami menstruasi, nggak jarang wanita merasa malas untuk mengganti pembalutnya secara berkala. Bahkan saat periodnya sudah mendekati hari terakhir, wanita juga masih menggunakan pembalut bahkan tidak diganti seharian karena merasa belum penuh.

Padahal, penggunaan pembalut dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan iritasi serius pada vulva dan menyebabkan penyakit kulit dalam jangka panjang. Beberapa ahli merekomendasikan mengganti pembalut setiap enam jam di siang hari.

Jika menggunakan pembalut semalaman, pastikan untuk segera menggantinya sesaat setelah bangun dari tidur.

2. Menggunakan pembalut sintetis

Siapa yang sering merasa gatal dan perih ketika memakai pembalut? Bisa jadi ini karena bahan pembalut yang kamu gunakan adalah liner sintetis.

Disarankan untyk menggunakan pembalit dengan kapas alami untuk menghindari kemungkinan iritasi kulit, ruam, dan alergi.



3. Menggunakan pembalut yang memiliki pewangi

Penggunaan pembalut yang memiliki aroma atau pewangi adalah kesalahan dalam kebersihan saat menstruasi. Pembalut jenis ini dapat menyebabkan iritasi dan rasa gatal yang tidak nyaman pada area vagina.

Pada sebagian orang, penggunaan pembalut jenis ini dapat menyebabkan alergi yang parah apalagi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

4. Berhenti berolahraga saat menstruasi

Kesalahan umum yang paling sering dilakukan wanita saat menstruasi adalah tidak berolahraga. Padahal, olahraga dapat menjadi pelepas stres dan membatu mengembalikan mood saat menstruasi.

Tentu, menjaga dan merawat diri saat menstruasi sangat baik untuk mengurangi risiko infeksi dan penyakit lain. Memang terdengar repot, tapi kenyamanan yang didapatkan sangat sepadan.

(kna/up)
News Feed