Kamis, 21 Mar 2019 16:40 WIB

Kamu Main PUBG Seperti Ini? Menurut WHO Itu Tanda Sakit Kecanduan Game

Firdaus Anwar - detikHealth
Kecanduan termasuk penyakit yang bisa menyerang para pemain game, termasuk PUBG. (Foto ilustrasi: Shutterstock) Kecanduan termasuk penyakit yang bisa menyerang para pemain game, termasuk PUBG. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) disebut tengah melakukan kajian fatwa haram game populer PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Salah satu alasannya karena PUBG diduga memiliki dampak buruk bagi para pemainnya.

"Kami belum melakukan fatwa. Tapi secara umum, kalau (PUBG) berdampak merusak, jadi tidak boleh. Akan kami pertimbangkan buat fatwa supaya perlu ada menutup jalan sebuah kejahatan," kata Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei belum lama ini seperti dikutip dari detiknews.



Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri tahun 2018 secara resmi mengklasifikasikan gangguan kecanduan game sebagai penyakit kejiwaan. Keputusan tersebut dibuat setelah WHO melihat data dari berbagai wilayah dan masukan ahli tentang masalah serius kecanduan game.


Nah sekarang apa tanda-tanda seseorang sudah kecanduan misalnya game PUBG?

Menurut WHO tanda pertamanya adalah seseorang tidak bisa mengendalikan diri, memprioritaskan game di atas segalanya dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang kecanduan akan terus bermain game hingga pada titik menimbulkan konsekuensi negatif.

"Untuk mendiagnosis gangguan game ini pola perilaku harus cukup parah hingga memengaruhi kehidupan pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, atau bidang penting lainnya yang terbukti sudah berlangsung setidaknya selama 12 bulan," tulis WHO.

Psikolog klinis Dr Kevin Gilliland memberi contoh sederhana seperti seseorang melewatkan tidur, makan, atau pekerjaan dan sekolahnya untuk bermain game.

Nah kalau kamu sendiri saat bermain game PUBG punya ciri-ciri seperti itu enggak?

(fds/up)