Sabtu, 23 Mar 2019 08:00 WIB

5 Tips Merencanakan Weekend yang Sehat

Ayunda Septiani - detikHealth
Akhir pekan adalah waktu yang paling pas untuk berolahraga. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Akhir pekan adalah waktu yang paling pas untuk berolahraga. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Akhir pekan memang waktu paling tepat dimanfaatkan untuk bersantai atau berkumpul bersama keluarga. Hari libur tersebut pun dihabiskan dengan berbagai cara, mulai dari menonton film atau drama di rumah hingga wisata kuliner.

Meski terasa menyenangkan, kegiatan di akhir pekan kadang membuat tubuh menjadi kurang prima ketika kembali beraktivitas. Nah, bagi kamu yang ingin tetap menjaga kesehatan, lakukan 5 tips ini agar weekend kamu terencana dengan baik seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber. Apa saja itu?



1. Cerdas memilih makanan

Jika kamu berencana untuk makan malam di luar, pilihlah menu yang kaya akan protein, seperti ayam atau ikan. Agar tak banyak mengandung lemak jenuh sebaiknya diolah dengan cara dipanggang. Tapi ingat, tidak perlu ditambahkan saus maupun dressing.

2. Minum air lebih banyak

Saat bekerja, mungkin kita selalu ingat minum air karena selalu tersedia di atas meja. Namun, ketika akhir pekan bersama keluarga ataupun teman, tak sedikit dari kita yang minum minuman manis. Supaya tubuh tidak kekurangan cairan, tetaplah minum banyak air putih. Kalau perlu bawalah minum saat bepergian.

3. Jalan-jalan selain makan

Banyak orang menghabiskan akhir pekan dengan wisata kuliner. Agar lebih sehat dan senang, cobalah wisata baru yang tidak melibatkan makanan kurang sehat. Seperti mengunjungi museum, kebun binatang, atau piknik. Bawalah makanan sendiri yang dimasak di rumah untuk menghindari terganggunya pencernaan.



4. Banyak bergerak

Lelah bekerja di keseharian membuat banyak orang ingin bersantai saja saat weekend tiba. Hal tersebut tentu tidak ada salahnya. Namun agar tubuh sehat, pastikan pula bila badan tetap banyak bergerak. Misalnya dengan berolahraga dan membereskan atau membersihkan rumah.

5 Jangan habiskan waktu di tempat tidur

Meski hari libur, namun bukan berarti kamu harus menghabiskannya untuk bermalas-malasan sepanjang hari di tempat tidur. Mulailah hari dengan bangun pagi, namun dalam suasana yang berbeda karena tidak akan masuk kerja.

Nikmati sarapan dengan tenang dan tidak terburu-buru atau bahkan kamu berulang kali memandang jam tangan pada saat melakukannya. Nikmati juga udara pagi yang segar dan habiskan pagi hari dengan menyenangkan bersama keluarga.


(up/up)
News Feed