Minggu, 24 Mar 2019 15:40 WIB

Asam Urat Paksa Dhani Diinfus, Kenali Deretan Pemicunya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Asam urat membuat Ahmad Dhani harus diinfus. Foto: Deni Prastyo Utomo Asam urat membuat Ahmad Dhani harus diinfus. Foto: Deni Prastyo Utomo
Jakarta - Ahmad Dhani sempat diketahui mengeluh asam uratnya kambuh beberapa hari yang lalu. Belakangan, penyanyi yang mendekam di Rutan Medaeng ini dikabarkan drop hingga diinfus karena penyakit tersebut.

"Kemarin malam, Jumat malam kita dapat telepon kondisinya lebih parah dari yang sidang. Sampai diinfus, dia minta diinfus dan minta pembantaran kan kemarin malam," kata kuasa hukum Dhani, Sahid kepada detikcom di Surabaya, Minggu (24/3/2019).

Penyakit gout, atau yang umumnya disebut asam urat, merupakan keluhan nyeri di persendian yang dipicu oleh penumpukan kristal asam urat atau uric acid, yakni senyawa hasil metabolisme purin di dalam tubuh. Akibatnya kadar asam urat di darah meningkat.


Ada beberapa hal yang bisa memicu serangan gout pada orang yang memiliki riwayat penyakit tersebut, namun tak semua hal tersebut akan langsung memicunya. Beberapa bisa mengalaminya setelah sejumlah paparan tertentu, beberapa lainnya bisa tak terpicu sama sekali.

"Tiap orang memiliki nuance atau efek kecil mereka masing-masing. Bagi beberapa orang, makanan tertentu bisa memicunya, seperti boga bahari atau pesta bir. Yang lain bisa mengalami serangan gout pertama kali saat mereka pergi ke rumah sakit atau karena stres atau masalah hidrasi," kata Robert T Keenan, MD, MPH, dosen kedokteran di Duke University School of Medicine.

Dirangkum dari situs WebMD, berikut adalah beberapa pemicu penyakit gout atau asam urat:

1. Makanan
Makanan yang tinggi akan purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Misalnya seperti jeroan, boga bahari, bahkan sayuran seperti bayam. Purin banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein.

Bir.Bir. Foto: Istimewa

2. Alkohol
Bir dan semacamnya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah dan memicu gout. Alkohol juga berbahaya karena bisa membuatmu dehidrasi, yang menjadi salah satu pemicunya. Meski begitu, wine tidak termasuk salah satunya, asal tetap diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan.


3. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan seperti obat untuk tekanan darah tinggi atau gagal jantung juga bisa memicunya. Selain itu, obat diuretik, beta-blocker dan cyclosporine bahkan aspirin berdosis rendah juga bisa menyebabkan serangan gout. Pastikan dokter mengetahui jika kamu memiliki riwayat asam urat sebelum meresepkan obat-obatan tersebut.

4. Dehidrasi
Saat tubuh kita dehidrasi, jumlah asam urat dalam tubuh meningkat dan kemampuan gijal untuk membuang sisaannya menurun. Sehingga ketika tubuh kita tak mendapat cukup cairan, bisa jadi berisiko terkena serangan gout.

Thai tea.Thai tea. Foto: iStock

5. Minuman manis
Minuman manis umumnya mengandung gula tambahan seperti fruktosa, misalnya thai tea. Kandungan fruktosa bisa memicu serangan gout.

6. Stres medis
Kondisi dan prosedur medis seperti cek rutin ke rumah sakit, pneumonia, operasi dapat meningkatkan kadar asam urat naik dan menyebabkan gout. Jika kamu berencana akan periksa ke rumah sakit atau mendadak sakit, pastikan memberitahu doktermu soal riwayat asam urat.

(frp/ask)
News Feed