Minggu, 24 Mar 2019 16:24 WIB

Aliando Jadi Dono sampai Rela Cukur Alis, Ini Fakta Soal Alis

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Aliando Syarief rela cukur alis demi perankan Dono. Foto: Asep Syaifullah Aliando Syarief rela cukur alis demi perankan Dono. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Demi memerankan karakter 'Dono' dalam film Warkop DKI Reborn, Aliando Syarief ikhlas untuk mencukur bulu mata dan alisnya. Hal ini diakuin untuk membangun kedekatan dengan tokoh yang diperankannya.

"Cukur alis sama bulu mata, mas Dono kan kalau di Warkop (film) kan bulu matanya nggak yang begitu (lentik), alis juga bukan yang kerang tapi yang tipis-tipis," katanya dalam salah satu acara jumpa pers.

Aliando sebagai Dono.Aliando sebagai Dono. Foto: Pemain baru 'Warkop DKI Reborn' (Hanif/detikhot)

Alis bukan cuma jadi alasan wanita kalau dandan lama, hehe, tapi juga menyimpan deretan fakta unik lainnya yang mengejutkan. Apa saja kah itu?


1. Alis membantu penglihatan

Alis berperan dalam menjaga kelembaban mata ketika terkena hujan atau berkeringat. Bentuknya yang melengkung akan membantu menyingkirkan keringat atau air untuk masuk ke dalam mata dan tidak mengganggu penglihatan kita.

2. Membaca emosi

Alis membantu memberi sinyal emosi. Saat saat nada suar naik, itu juga yang terjadi pada alismu. Tidak hanya itu, ketika kamu membuat ekspresi refleks, seperti ketika kamu terkejut, alis bergerak dengan cara yang simetris satu sama lain. Atau ketika kamu membuat apa yang disebut ekspresi yang memang disengaja, seperti kecurigaan dan rasa ingin tahu, alismu akan mengerut secara asimetris. Enggak percaya? Buktikan aja.

Penting untuk mengenali wajah.Penting untuk mengenali wajah. Foto: iStock

3. Rambut ini penting untuk mengenali wajah

Sebuah studi yang dilakukan oleh MIT menemukan bahwa orang-orang mengalami lebih banyak kesulitan mengidentifikasi wajah orang yang mereka kenal ketika mereka disajikan gambar orang yang sudah dihilangkan alisnya. Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa alis mungkin lebih penting untuk pengenalan wajah daripada mata sendiri.

Alis bisa membantumu membaca karakter seseorang.Alis bisa membantumu membaca karakter seseorang. Foto: Dok. Thinkstock

4. Membantu membaca karakter seseorang

Berdasarkan buku 'Amazing Face Reading' oleh Mac Fuller, J.D, tipe alis yang kamu punya bisa menunjukkan siapa kamu. Orang yang alisnya melengkung adalah orang yang berorientasi pada orang-orang dan butuh pengalaman nyata untuk memahami masalah.

Sedangkan orang yang alisnya lurus adalah orang yang lebih lugas, faktual, logis, dan berkembang pada hal-hal teknis. Alis yang miring atau bersiku menandakan orang yang pandai mengendalikan mental dan diri dalam segala situasi.

(ask/up)