Selasa, 26 Mar 2019 11:40 WIB

Bentuk Dukungan yang Bisa Diberikan untuk Penyandang Diabetes

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Bagi penyandang diabetes, dukungan orang terdekat merupakan salah satu penyemangat dalam hidup. Untuk itu, cobalah memberi dukungan kepadanya agar ia lebih semangat untuk melawan penyakit tersebut.

Dilansir dari pancreaspals, bentuk dukungan yang diberikan bisa berupa hadiah-hadiah kecil, misalnya Sugar Medical Omnipod Case dan kaos motivasi. Hadiah kecil tersebut bisa mengingatkannya pada dukungan yang diberikan orang terdekat.


Selain itu, menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W, dukungan untuk penyandang diabetes juga bisa diberikan dengan cara menemaninya berobat atau ikut menjalankan pola hidup sehat bersama.

"Dukungan dari keluarga penyandang diabetes atau diabetesi agar dapat menjalankan gaya hidup sehat dan mengontrol penyakitnya. Dukungan bisa diberikan dalam bentuk menemani berobat, bersama-sama ikut mengubah pola makan atau menjaga asupan nutrisi menjadi lebih sehat, berolahraga bersama, atau mengingatkan untuk mengontrol kadar gula darah," ujar dr. Ervina kepada detikHealth, Selasa (26/3/2019).


Ikut mengontrol dan memperhatikan asupan nutrisi juga bisa menjadi bentuk dukungan untuk penyandang diabetes. Menurut dr. Ervina, bentuk dukungan ini bisa diberikan dengan membantu penyandang diabetes menjaga pola makannya maupun memilihkan jenis nutrisi yang tepat.

"Pola makan khususnya karbohidrat dan gula akan berdampak langsung pada kadar gula darah. Untuk itu bantu diabetesi untuk memilih jenis karbohidrat yang tepat, yaitu yang memiliki indeks glikemiks rendah serta tinggi serat sehingga bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah setelah makan," sambung dr. Ervina.

Selain itu, ujar dr. Ervina, penyandang diabetes juga harus membatasi konsumsi gula. Sebagai alternatif, penyandang diabetes bisa mengonsumsi pemanis rendah kalori karena jumlah kalori harian pun perlu diperhatikan.

"Untuk mempermudah penghitungan total asupan kalori harian bisa dibantu dengan meal replacement khusus diabetes yang sudah terukur total kalorinya, memiliki indeks glikemiks rendah, serta tinggi serat," kata dr. Ervina.

Salah satu meal replacement atau nutrisi makanan pengganti yang tepat untuk dikonsumsi penyandang diabetes adalah Diabetasol karena bisa menjaga kadar gula darah dan membuat kenyang lebih lama. Diabetasol juga mengandung asupan nutrisi lengkap dan seimbang seperti Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah.



Tonton juga video Risiko Diabetes Lebih Tinggi Kalau Punya Teman Sedikit?:

[Gambas:Video 20detik]


Bentuk Dukungan yang Bisa Diberikan untuk Penyandang Diabetes
(mul/mpr)
News Feed