Kamis, 28 Mar 2019 14:26 WIB

Bukan Hanya Picu Kanker Serviks, HPV Juga Sebabkan Kutil Kelamin

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bukan hanya picu kanker serviks, Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab kutil kelamin. Foto: thinkstock
Jakarta - Human Papilloma Virus (HPV) sudah bukan hal asing lagi di telinga masyarakat, virus jenis ini merupakan penyebab kanker serviks (kanker mulut rahim). HPV juga merupakan penyebab penyakit infeksi menular seksual (IMS) lain, yaitu kutil kelamin.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, FAADV, kutil kelamin adalah tumor jinak yang berada di lapisan kulit bernama sel basal dan timbul di daerah genital, yaitu di bagian sekitar kelamin dan anus.

"Biang keroknya HPV, sebuah DNA virus. HP jumlahnya semakin ditemukan semakin banyak subtipenya , ada 120-150 subtipe dari HPV. Tetapi yang biasanya nongol di kelamin hanya 10 tipe, yaitu 6, 11, 30, 42, 43, 44, 45, 51, 52, dan 54. Dan primadonanya itu tipe 6 dan 11," ujar dr Anthony saat press conference kutil kelamin di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).



Kesepuluh tipe HPV tersebut menular melalui hubungan seksual, baik secara anal, oral, maupun vaginal. Namun tidak harus hubungan seksual dengan penetrasi, penularan juga bisa terjadi melalui sentuhan dari kulit ke kulit.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2012, tingkat kejadian penyakit kutil kelamin cukup tinggi, yaitu satu kasus baru terdiagnosa setiap detiknya, atau sekitar 89.192 kasus baru kutil kelamin setiap harinya di dunia.

"Kebanyakan kutil kelamin terjadi pada pria daripada wanita. Tapi penularan lebih mudah dari wanita menularkan ke pria," tandas dr Anthony.

(wdw/up)