Kamis, 28 Mar 2019 15:25 WIB

Waspadai Benjolan yang Tak Sakit atau Gatal, Bisa Jadi Kutil Kelamin

Widiya Wiyanti - detikHealth
Waspadai benjolan yang tak sakit atau gatal di area kelamin, bisa jadi kutil kelamin. Foto: thinkstock Waspadai benjolan yang tak sakit atau gatal di area kelamin, bisa jadi kutil kelamin. Foto: thinkstock
Jakarta - Kutil kelamin merupakan penyakit infeksi menular seksual (IMS) yang berbentuk benjolan-benjolan di sekitar kelamin atau anus dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari kemunculan penyakit ini karena tidak bergejala.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Anthony Handoko, SpKK, FINSDV dari Klinik Pramudia mengatakan bahwa awal munculnya kutil kelamin tidak terasa sakit ataupun gatal.

"Kutil kelamin tidak memiliki rasa apa-apa, tidak gatal, tidak perih, tidak merah, nongol saja gitu di situ. Orang yang tidak aware kalau sudah banyak baru sadar," ujarnya saat press conference kutil kelamin di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).



dr Anthony menambahkan, meskipun tidak terasa apa-apa, semua orang wajib memiliki rasa curiga jika terdapat benjolan di sekitar daerah kelamin walaupun belum tentu benjolan itu merupakan kutil kelamin.

"Justru di situ kuncinya. Pertama harus ada awareness. Jadi bila ada benjolan, tentu pasien tidak bisa mendeteksi, tapi sederhananya curiga berpikir ke arah sana itu sudah deteksi dini yang bagus," tuturnya.

"Kemudian lakukan konsultasi, benar nggak sih itu kutil kelamin? Jadi sesederhana curiga dan sadar ada yang namanya kutil kelamin," lanjut dr Anthony.

Kutil kelamin tak mengenal gender. Biasanya di pria, kutil kelamin muncul di daerah pubis, batang penis, kepala penis, kulup, OUE (lubang penis), scrotum, perineum, dan anus. Sementara pada wanita muncul di sekitar pubis, labia minora dan mayora, vulva, vagina, serviks (mulut rahim), perineum, dan anus.

(wdw/up)
News Feed