Jumat, 29 Mar 2019 07:10 WIB

Ingin Punya Perut Sixpacks? Ini 6 Asupan Nutrisi yang Dianjurkan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ada beberapa asupan yang bisa membantu kamu mendapatkan tubuh sixpack. (Foto: Thinkstock) Ada beberapa asupan yang bisa membantu kamu mendapatkan tubuh sixpack. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pola makan sehat harus diterapkan jika ingin punya tubuh berotot dan perut kotak-kotak. Selain makan tepat waktu, jenis asupan setiap hari juga harus dipertimbangkan. Asupan sebaiknya padat nutrisi, membantu pembentukan otot, dan mencegah terinfeksi berbagai macam penyakit.



Dikutip dari Men's Journal, berikut 6 asupan yang bisa bikin bodi berotot dan punya abs.

1. Tomat

Konsumsi tomat sebanyak 220 gram memberi nutrisi sekitar 83 kalori. Tomat yang dikonsumsi 4 kali per minggu memberi kecukupan antioksidan lycopene dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam warna merah tomat ini bisa melawan berbagai radikal bebas. Riset menyatakan, pria yang rajin makan tomat berisiko lebih rendah mengalami kanker prostat.

2. Telur

Satu telur berukuran besar mengandung 74 kalori, yang bisa dikonsumsi 3-7 butir per minggu. Sebagai salah satu sumber protein terbaik, telur bisa membantu pembentukan massa otot dalam tubuh. Telur juga mengandung kolin yang terbukti bisa meningkatkan daya ingat.

3. Susu

Secangkir susu mengandung 118 kalori yang bisa dikonsumsi 3 kali per hari. Menurut direktur The Nutrition Institute di University of Tennessee Michael Zemel, tubuh marah bila kekurangan susu. Akibatnya, tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan sel menahan pelepasan kalsium dan lemak. Kecukupan konsumsi susu membantu sistem tubuh mengolah dan memperlambat penyimpangan lemak, yang memudahkan tubuh makin jadi dengan rajin olahraga.

4. Air putih

Air putih yang harus dikonsumsi 8 gelas per hari tidak mengandung kalori. Menurut ahli diet Marietta Amatangelo dari Germantown Md, superfood tidak bisa memberi manfaat maksimal tanpa kecukupan air. Konsumsi 1-2 gelas air putih 30 menit sebelum makan membantu tubuh mengendalikan rasa lapar. Hasilnya tubuh tidak lapar mata dan kalap saat waktu makan tiba, yang tentunya menjaga tubuh tidak mudah melar.

5. Daging sapi

Konsumsi 3 ounce setara 85 gram daging sapi mengandung sekitar 163 kalori, yang sebaiknya dikonsumsi 3-4 kali per minggu. Selain membantu pembentukan otot, daging sapi juga mencegah anemia dan membantu sirkulasi darah dengan kandung besi dan seng. Menurut United States Department of Agricultural (USDA), kandungan lemak daging sapi sekarang 20 persen lebih rendah yang lebi baik bagi kesehatan tubuh.

6. Bayam

Asupan 220 gram bayam mengandung sekitar 7 kalori yang bisa dikonsusmu 2-3 kali per minggu. Bayam kaya serat, kalsium, dan mampu mencukupi kebutuhan harian beta karoten yang berguna untuk daya tahan tubuh. Konsumsi bayam tak hanya membantu tubuh berotot dan perut kotak-kotak, tappi juga membantu kualitas penglihatan tetap baik. (up/up)