Jumat, 29 Mar 2019 20:15 WIB

8 Cara Menurunkan Kolesterol, Kamu Wajib Tahu

Niken Widya Yunita - detikHealth
8 Cara Menurunkan Kolesterol, Kamu Wajib Tahu/Foto: iStock 8 Cara Menurunkan Kolesterol, Kamu Wajib Tahu/Foto: iStock
Jakarta - Kamu terlalu banyak makanan mengandung kolesterol? Terlalu banyak kolesterol akan menimbulkan penyakit. Simak di sini cara menurunkan kolesterol.

Seperti halnya lemak, kolesterol tidak larut dalam air. Makanan memiliki sedikit pengaruh pada kadar kolesterol. Selain itu itu riwayat keluarga, merokok, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, menjadi penyebab kolesterol.

Berikut cara menurunkan kolesterol.



1. Mengurangi Makanan Berminyak

Lemak tak jenuh tunggal sehat karena menurunkan kolesterol. Kamu harus mengganti minyak dengan minyak zaitun. Bisa juga makan almond, kenari, hazelnut, kacang mede, dan alpukat.

2. Konsumsi Sumber Omega-3

Konsumsi suplemen makanan laut dan minyak ikan dapat menurunkan kolesterol. Selain itu salmon, mackerel, dan tuna laut juga menurunkan kolesterol. Mengonsumsi kerang dan udang dianjurkan dalam jumlah sedikit. Sumber omega-3 lainnya termasuk biji dan kacang-kacangan tetapi tidak kacang.

3. Hindari Lemak Trans

Hindari makan margarin dan shortening. Margarin dan shortening dibuat dari minyak terhidrogenasi parsial. Lemak pada margarin dan shortening yang dihasilkan tidak sepenuhnya jenuh, tetapi padat pada suhu kamar.

Sayangnya, lemak trans terhidrogenasi parsial ditangani secara berbeda di dalam tubuh daripada lemak lain, dan tidak dengan cara yang baik. Lemak trans meningkatkan kolesterol.

4. Konsumsi Serat

Beberapa sumber serat larut air terbaik yakni kacang polong dan lentil (kacang lunak), buah, gandum dan biji-bijian utuh. Suplemen serat seperti psyllium juga merupakan sumber yang aman dan murah.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu yang terbaik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga menurunkan kolesterol.



6. Menurunkan Berat Badan

Diet mempengaruhi cara tubuh menurunkan kolesterol. Penurunan berat badan meningkatkan penyerapan kolesterol dari makanan dan menurunkan pembentukan kolesterol baru dalam tubuh.

7. Jangan Merokok

Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Selain itu menghambat kemampuan tubuh untuk mengirim kolesterol kembali ke hati untuk disimpan atau dipecah.


8. Suplemen

Minyak ikan menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

(nwy/up)