5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sederhana dan Efektif

ADVERTISEMENT

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Sederhana dan Efektif

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 01 Sep 2022 11:35 WIB
Ilustrasi level kolesterol.
Cara menurunkan kolesterol tinggi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol yang sangat efektif. Tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, cara berikut ini dijamin alami sekaligus mengubah pola hidup lebih sehat. Sebelumnya, kenali dulu apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel dan hormon. Hati yang terdapat dalam organ tubuh bisa merupakan alat untuk mereproduksi kolesterol. Selain itu, makanan yang mengandung minyak menjadi sumber kolesterol.

Kolesterol sendiri mempunyai dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) Cholesterol dan kolesterol baik alias High Density Lipoprotein (HDL) cholesterol.

Seseorang memiliki kolesterol jahat yang lebih tinggi akan menyebabkan penimbunan lemak yang terbentuk di dinding arteri. Hal ini menyebabkan penyempitan dan pengerasan di pembuluh darah sehIngga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Cara Menurunkan Kolesterol

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengikuti cara menurunkan kolesterol yang mudah di bawah ini:

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Selain meminum obat-obatan penurun kolesterol, ada cara yang lebih alami untuk menurunkan kolesterol, yaitu mengonsumsi rebus-rebusan. Artinya, kamu tidak disarankan memakan hidangan yang terbuat dari banyak minyak nabati, seperti kue kering, biskuit, ataupun kue yang dibeli di toko.

Dikutip dari Mayo Clinic, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA), melarang penggunaan sebagian minyak nabati yang dipadatkan menggunakan gas hidrogen (hidrogenasi) pada 1 Januari 2021. Daging merah dan susu penuh lemak (full cream) pun tidak dianjurkan karena mengandung LDL sehingga memperburuk kadar kolesterol dalam darah.

Alangkah baiknya, bila mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan serat, seperti ikan salmon dan makarel, kacang-kacangan, oatmeal, apel, serta pir. Sebab, kandungan dari makanan tersebut tidak mempengaruhi lemak jahat dalam tubuh dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Penambahan bubuk whey protein dianjurkan untuk meningkatkan massa otot juga menurunkan berat badan. Bubuk whey adalah salah satu jenis sumber protein yang berasal dari sisa susu dalam pembuatan keju.

2. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Bagi pengidap kolesterol tinggi, aktivitas fisik menjadi salah satu cara mengurangi kolesterol. Semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak pula tubuh memproduksi kolesterol baik (HDL).

Tidak perlu mulai dengan gerakan yang berat, cukup berjalan cepat di sekitar tempat tinggal ataupun pemanasan ringan di rumah selama 30 menit dalam lima kali seminggu dapat membantu pembakaran lemak dan tubuh menjadi sehat.

3. Berhenti Merokok

Zat kimia pada rokok sangat buruk bagi tubuh karena dapat mengganggu perkembangan kolesterol baik, penyempitan dalam pembuluh darah, dan meningkatkan risiko penyakit paru-paru serta jantung. Maka dari itu, para dokter menganjurkan untuk setiap orang berhenti merokok.

Apabila kecanduan terhadap rokok berhenti, tekanan darah dan detak jantung kembali pulih sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Kemudian, fungsi paru-paru mulai membaik karena tidak lagi terkontaminasi dari racun.

4. Kurangi Minum Alkohol

Terlalu banyak minum alkohol bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke. Jika ingin mengonsumsinya, lakukanlah dengan jumlah cukup dan pastikan kondisi tubuh sehat. Bagi pria di atas 65 tahun dan wanita di segala usia, sebaiknya cukup dengan satu gelas sehari, khusus pria di bawah 65 tahun boleh menenggaknya sampai dua gelas sehari.

5. Turunkan Berat Badan

Orang yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas pasti menimbun banyak lemak dan kolesterol jahat. Untuk itu, kurangilah berat badan dengan mengurangi makan manis dan perbanyak gerakan tubuh. Jika kamu terbiasa minum manis, mulai sekarang gantilah dengan air mineral. Selain mengganti cairan tubuh, air putih atau mineral sama sekali tidak mengandung gula ataupun kalori.

Cara menurunkan kolesterol ini cukup sederhana, tetapi efektif bila dilakukan secara konsisten. Jika kamu belum mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, datangilah layanan kesehatan dan konsultasikan hasilnya dengan dokter terkait untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT