Minggu, 02 Jan 2022 14:03 WIB

10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Minum Obat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi level kolesterol. Cara menurunkan kolesterol. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Kolesterol merupakan zat penting untuk metabolisme tubuh. Namun, kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit kardiovaskular terutama jantung. Kunci utama dari cara menurunkan kolesterol tinggi tentunya perlu melibatkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, mengandalkan obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi tanpa dibarengi pola hidup yang baik, tidak menjamin kadar kolesterol akan turun dan terkontrol.

Lantas apa yang menyebabkan kolesterol tinggi? Nah, kolesterol yang tinggi dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan berlemak, meminum alkohol, obesitas, jarang berolahraga, dan faktor genetik.

Oleh sebab itu, penting untuk seseorang melakukan cek kolesterol secara rutin. Segera ubah pola hidup yang sehat jika mengetahui kadar kolesterol tinggi dalam darah. Berikut 10 cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

Cara Menurunkan Kolesterol

1. Oat

Mengonsumsi oat bisa menjadi pilihan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Semangkuk oat diklaim dapat memberikan 1-2 gram serat larut untuk tubuh. Sebagai informasi, tubuh wajib menerima nutrisi sebanyak 20-35 gram.

Bisa menambahkan sejumlah topping untuk melengkapi kebutuhan serat.

2. Hindari lemak trans

Berdasarkan American Heart Association (AHA), mengonsumsi lemak trans dapat berdampak negatif terhadap kesehatan seseorang, terutama meningkatnya kolesterol jahat (LDL).

Beberapa makanan yang mengandung lemak trans, yaitu margarin, minyak sayur terhidrogenasi, gorengan, isi perut sapi, domba, dan kambing.

3. Bersepeda

Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan bersepeda. Menurut Journal of American Heart Association, orang yang bersepeda ke tempat kerja ataupun ke tempat lain kemungkinan kecil mengalami kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.

4. Kurangi lemak jenuh

Jangan sering-sering mengonsumsi lemak jenuh ya. Hal tersebut karena lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

Umumnya, lemak ini dapat ditemukan pada produk makanan hewani, seperti daging merah, kulit ayam, mentega, keju, dan minyak goreng.

5. Mengonsumsi buah alpukat

Mengonsumsi buah alpukat sesering mungkin bisa menjadi cara menurunkan kolesterol. Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

6. Mengonsumsi buah apel

Cara menurunkan kolesterol berikutnya dengan perbanyak konsumsi buah apel. Studi yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine 2011 menyebut konsumsi 300 gram apel setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Hal tersebut disebabkan dari kandungan apel polifenol dan serat yang ampuh membasmi kolesterol tinggi.

7. Yoga

Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung, yoga juga diklaim sebagai cara menurunkan kolesterol.

Berdasarkan Indian Heart Journal tahun 2013, peneliti mengungkapkan bahwa rutin melakukan yoga selama tiga bulan dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL.

8. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti canola, bunga matahari, safflower, dan jenis lainnya saat memasak makanan ternyata mampu menurunkan kolesterol yang tinggi loh.

9. Mengonsumsi jeruk dan lemon

Selain apel, jeruk dan lemon juga kerap digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Kedua buah ini memiliki kandungan hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi, serta kandungan pektin dan senyawa limonoid yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

10. Teh hijau

Sebuah ulasan dari 14 studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu bisa menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dl dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL.

Selain itu, teh hijau dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.

Nah, perlu diingat nih guys, cara menurunkan kolesterol tidak harus mengonsumsi obat-obatan. Ada juga cara alami yang bisa dilakukan seperti menjaga pola hidup yang sehat dan lainnya. Sebaiknya kurangi minum obat-obatan yang berlebih untuk menghindari efek samping yang membahayakan tubuh ya.



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)