Senin, 01 Apr 2019 11:10 WIB

Overweight di Bawah Usia 50 Lebih Rentan Meninggal karena Kanker Pankreas

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kegemukan dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat kanker pankreas (Foto: Istock)
Jakarta - Butuh alasan untuk menurunkan berat badan? Penelitian terbaru mengaitkan risiko kematian yang lebih tinggi akibat kanker pankreas pada orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan sejak usia di bawah 50 tahun.

"Umur berapapun, ada peningkatan kematian pada kanker pankreas yang terkait kelebihan berat badan," kata Eric Jacobs dari American Cancer Society, dikutip dari USnews.

"Tapi keterkaitan lebih kuat untuk kelebihan berat badan yang diukur pada orang-orang di usia 30-40an tahun," lanjutnya.

Tidak diketahui pasti bagaimana hal itu saling berkaitan. Namun para ilmuwan meyakini, kelebihan berat badan di usia lanjut lebih kecil pengaruhnya pada risiko kanker karena harapan hidupnya memang sudah berkurang.



Yang pasti, kasus kanker pankreas di Amerika Serikat naik 15 persen antara tahun 2000 hingga 2015. Kini, kanker tersebut menjadi penyebab kematian nomor 3 akibat kanker secara umum di negara tersebut.

Angka kematian kanker pankreas terbilang tinggi karena pada umumnya terdeteksi pada tahap lanjut. Beberapa faktor risiko yang bisa dikendalikan antara lain rokok dan kegemukan.

(up/up)