Senin, 01 Apr 2019 19:23 WIB

Kesehatan Mentalnya Terganggu, Seorang Gadis Telan Sikat Gigi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sikat gigi yang ditelan seorang gadis karena gangguan mental. Foto: Getty Images
Jakarta - Seorang ibu di Wales, Jane Haines bercerita mengenai kondisi putrinya, Ayla yang sungguh menyayat hatinya. Anaknya yang berusia 19 tahun itu harus berada di unit pelayanan khusus bagi orang dengan kesulitan belajar selama tujuh tahun.

Ayla berjuang dengan anoreksia atau gangguan makan dan masalah kesehatan mental lainnya. Menjadi pasien rawat inap di Assessment and Treatment Unit di Northamptonshire selama tujuh tahun membuat Ayla berperilaku putus asa, seperti menelan sikat gigi yang masih bersarang di tubuhnya hingga 10 bulan kemudian.

Jane mengungkapkan ada luka besar di kepala Ayla sehingga rambutnya tidak tumbuh kembali. Hal itu diyakini Jane karena Ayla sering membenturkan kepalanya.



"Salah satu dokter mengatakan mungkin itu menyebabkan lebih banyak kerusakan otak," ujar Jane dikutip dari BBC.

Jane mengatakan ada keraguan pada perawatan anaknya, bukan pada unit yang merawat Ayla, melainkan pada sistem yang berlaku di sana. Pasien seharusnya dirawat selama 9-18 bulan, tetapi rata-rata perawatan rawat inap para pasien lebih dari lima tahun.

"Kami tidak berdaya harus duduk dan menyaksikannya menderita. Itu siksaan untuknya dan untuk kita," ungkap nenek Ayla, Judy Haines.

(wdw/up)