Selasa, 02 Apr 2019 13:09 WIB

Mengatasi 'Iritasi Gadget', Pakai Obat Tetes atau Biarkan Saja?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Iritas mata karena gadget. Foto: dok. Pribadi Muhammad Sukardi Iritas mata karena gadget. Foto: dok. Pribadi Muhammad Sukardi
Jakarta - 'Iritasi gadget' dialami oleh seorang jurnalis bernama Muhammad Sukardi (25). Pria yang akrab disapa Ardi tersebut mengalami iritasi mata yang sangat mengganggu, yang ia akui terjadi karena terlalu lama menatap layar gadget seharian, bisa lebih dari 12 jam.

Ardi mengalami 'iritasi gadget' dua kali. Kali pertama, ia hanya mengobati matanya dengan obat tetes biasa, walau memang bisa menyembuhkan namun prosesnya lama.

Yang kedua kali, ia mencoba menggunakan obat tetes lainnya yang digunakan untuk mengobati infeksi pada mata. Akan tetapi justru membuat matanya terasa seperti ada yang mengganjal. Wah sebaiknya bagaimana mengatasinya ya?

dr Astrianda N Suryono, SpM(K) menganjurkan untuk menggunakan obat tetes mata yang mengandung artificial tears atau air mata buatan. Dan perhatikan untuk tidak menggunakan obat yang mengandung pengawet karena bisa berisiko memperberat iritasi.


"Prinsipnya adalah menambah lubrikasi untuk permukaan bola mata dengan obat-obat tetes mata yang mengandung artificial tears atau air mata buatan. Ada banyak lah merek-merek yang beredar. Dan biasanya sih memang nggak perlu pakai resep dokter, tinggal bilang aja ke apotek yang air mata buatan dan biasanya nggak ada pengawetnya," tutur dokter spesialis mata di RS Cipto Mangunkusumo ini kepada detikHealth, Senin (1/4/2019).

Kondisi 'iritasi gadget' yang dialami oleh Ardi disebut oleh dr Tria, sapaannya, sebagai dry eye atau mata kering. Umumnya diakibatkan oleh refleks mengedip yang menurun karena terlalu fokus pada gadget atau layar dengan luminasi atau cahaya.

Mata yang kering atau dry eye akan menyebabkan pembuluh-pembuluh darah di permukaan bola mata juga menjadi lebih sensitif sehingga tampak merah seperti yang dialami oleh Ardi. Selain itu, air mata juga bisa tidak terdistribusi dengan baik. Secara komposisi air mata terdiri dari tiga lapisan yakni air, lipid (lemak) dan musin (protein) dan jika salah satunya terganggu maka air mata tidak akan efektif untuk melubrikasi.





Simak Juga 'Atasi Penderita Presbiopi Mata dengan Lensa Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(frp/up)