Selasa, 02 Apr 2019 15:53 WIB

Musik Dubstep Skrillex Bikin Nyamuk Hilang Nafsu Makan dan Kawin

Firdaus Anwar - detikHealth
Menurut studi nyamuk tidak suka musik keras seperti dubstep dari Skrillex. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Menurut studi nyamuk tidak suka musik keras seperti dubstep dari Skrillex. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Kalau kamu pernah penasaran apakah nyamuk punya genre musik yang tidak disukai, jawabannya kemungkinan iya. Berdasarkan studi terbaru di jurnal Acta Tropica nyamuk terbukti bisa kehilangan nafsu makan dan gairah bercinta ketika didengarkan musik dubstep dari Skrillex.

Peniliti pada dasarnya ingin melihat apakah suara yang keras dapat dimanfaatkan sebagai alternatif ramah lingkungan untuk memanipulasi perilaku nyamuk. Karena menghisap darah dan berkembang biak adalah cara utama penyakit seperti zika dan dengue disebarkan, mengendalikan perilaku tersebut pada nyamuk bisa berarti mengurangi penyebaran penyakit.


Dalam studi peneliti bereksperimen dengan beberapa kandang yang diisi 10 ekor nyamuk betina, satu ekor nyamuk jantan, dan hamster sebagai sumber makanan. Dalam rentang waktu 10 menit peneliti lalu memutar lagu Skrillex 'Scary Monster' dan 'Nice Sprites' karena dianggap memiliki suara keras bernada tinggi.

Hasilnya nyamuk yang diputar lagu Skrillex baru mengincar darah hamster setelah rata-rata 2-3 menit di dalam kandang. Sementara nyamuk dalam kandang lain yang tidak diputar lagu rata-rata langsung mengincar darah hamster dalam 30 detik.

Nyamuk dalam kandang yang diputar lagu Skrillex juga lebih mungkin untuk tidak kawin. Menurut peneliti hal ini kemungkinan karena dentuman agresif dari musik membingungkan nyamuk yang biasa berkomunikasi lewat getaran sayap.

"Baik nyamuk jantan maupun betina menghasilkan suara dari getaran sayapnya... Untuk perkawinan bisa sukses, nyamuk jantan harus menyelaraskan nada getaran sayapnya dengan pasangan menggunakan sensitivitas pendengaran," tulis peneliti seperti dikutip dari Live Science, Selasa (2/3/2019).

(fds/up)
News Feed