Kamis, 04 Apr 2019 08:05 WIB

Jangan Mau Kena Kibul Dokter Abal-abal, Suntik Tak Boleh Asal-asalan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ayu ditangkap karena melakukan penipuan. (Foto: dita/detikcom) Ayu ditangkap karena melakukan penipuan. (Foto: dita/detikcom)
Jakarta - Ni Wayan Sedana (60), mertua Ayu dari suami kedua mengaku sempat disuntik vitamin oleh Ayu. Ayu mengaku memang pernah menyuntikkan mertuanya tetapi dengan kolagen tapi itu berani ia lakukan karena ia sudah dapat sertifikasi.

"Nggak bukan (modus mengaku dokter), kan kalau dokter nyuntiknya kalau dia flu, saya suntik ini kan kolagen suntik pemutih," ujar Ayu sembari tertawa

Bicara suntik menyuntik, hal ini nggak boleh asal dilakukan, loh. Dihubungi detikcom, dr Kevin William Hutomo menuturkan saat melakukan prosedur suntik, tenaga medis nggak bisa asal menancapkan jarum. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.


"Yang perlu diperhatikan tentunya ada riwayat alergi atau tidak pada suatu jenis obat-obat atau zat yang akan kita suntikan. Kalau tenaga medis pastinya akan menanyakan hal tersebut dan meminta persetujuan secara tertulis sebelum melakukan tindakan medis," terangnya.

"Sebenarnya penggunaan vit c dan kolagen selama tidak hal yang dikontraindikasikan diberikan kepada orang tersebut, cenderung aman. Yang penting ada tenaga medis yang mengawasi setelah penggunaan zat-zat tersebut untuk melihat ada tidaknya reaksi yang membahayakan dari zat-zat yang disuntikan," tambah dr Kevin.

Selain itu, sebelum disuntikkan ke pasien, rumah sakit juga biasanya melakukan double check menurut dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.

"Isi obat atau zat yang disuntik di rumah sakit ada prosedur double check untuk memastikan isi obat tidak tertukar dan disuntikkan pada pasien yang benar, Kalau asal suntik dikerjakan oleh orang yang bukan tenaga medis tentu kita harus bertanya isinya apa dan efeknya apa. Bahkan obat saja bisa menimbulkan reaksi alergi, apalagi kalau kita tidak tau isinya apa," tegasnya.

(ask/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya