Kamis, 04 Apr 2019 10:15 WIB

Kopi Dikaitkan dengan Kanker Paru? Ini Alasan untuk Tak Perlu Panik Dulu

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ada banyak catatan dari penelitian yang mengaitkan kopi dengan kanker paru (Foto: iStock) Ada banyak catatan dari penelitian yang mengaitkan kopi dengan kanker paru (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah penelitian mengaitkan kopi dengan kanker paru, bahkan para peminum kopi yang tidak perokok. Tapi sepertinya tidak perlu buru-buru menghentikan kebiasaan minum kopi, temuan ini masih jadi perdebatan.

Salah satu keterbatasan dalam penelitian itu seperti diungkap sang peneliti, Jingjing Zhu, kepada Livescience adalah data hanya diambil satu kali. Adanya kemungkinan perubahan perilaku para partisipan dalam periode pengamatan bisa berpengaruh pada hasil analisis.

Demikian juga paparan asap rokok tangan kedua (second-hand smoke) di tempat minum kopi atau teh, yang tidak diperhitungkan dalam riset tersebut, bisa berpengaruh. Peningkatan risiko kanker paru bisa dialami baik pada perokok aktif maupun pasif.



Ahli kanker dari Levine Cancer Institute di North Carolina, Julie Fisher, yang tidak terlibat dalam penelitian itu mengakui temuan ini cukup menarik. Tetapi karena hanya mengungkap keterkaitan, maka tidak banyak yang bisa disimpulkan.

"Mungkin ada sesuatu dalam proses (penyajian kopi) yang mempengaruhi keterkaitan itu," katanya, dikutip dari Livescience.

Satu lagi catatan yang tak kalah penting, penelitian ini belum dipublikasikan dalam jurnal terpercaya yang di-review oleh ilmuwan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, penelitian seorang mahasiswa PhD di Vanderbilt University menyebut non perokok yang meminum kopi 2 cangkir atau lebih tiap hari punya risiko 41 persen lebih tinggi untuk terkena kanker paru. Sang peneliti menduga ada kaitannya dengan proses roasting.



Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Kopi Dikaitkan dengan Kanker Paru? Ini Alasan untuk Tak Perlu Panik Dulu
(up/fds)
News Feed