Kamis, 04 Apr 2019 11:08 WIB

Drama Polisi Bersenjata 'Ambil Paksa' Anak dari Orang Tua Anti Vaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Rekaman polisi menunjukkan penggerebekan rumah anak yang sakit. (Foto: Chandler Police Department) Rekaman polisi menunjukkan penggerebekan rumah anak yang sakit. (Foto: Chandler Police Department)
Jakarta - Dalam video yang tampak seperti penggerebekan teroris, polisi bersenjata lengkap di Arizona terekam mengambil paksa anak dua tahun yang sakit dari orang tuanya. Anak tersebut diketahui sedang demam tinggi dan tidak pernah diimunisasi.

Insiden bermula ketika pasangan Brooks Bryce dan Sarah Beck membawa anak mereka ke pengobat tradisional pada bulan Maret lalu ketika kondisi kesehatannya menurun. Saat itu dokter merekomendasikan agar sang anak di bawa ke rumah sakit karena kemungkinan penyakitnya serius.

Namun demikian Brooks dan Sarah tidak pernah membawa sang anak ke rumah sakit karena takut ketahuan tidak pernah menjalani imunisasi. Ini berkaitan dengan hukum di Arizona yang mengizinkan otoritas untuk mengambil paksa hak asuh anak demi keamanannya.


Polisi mulai terlibat ketika dokter yang curiga menghubungi Departemen Perlindungan Anak. Polisi berkali-kali berusaha membujuk orang tua untuk membuka pintu namun tidak ditanggapi hingga akhirnya dibongkar paksa.

Beberapa polisi lengkap dengan senjata dan tameng membawa Brooks keluar.

"Di dalam kediaman mereka ada dua anak lagi usia empat dan enam tahun yang menderita gejala sama termasuk muntah-muntah," tulis pernyataan resmi polisi.

"Dua anak langsung dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans, sementara satu lagi dibawa ke rumah sakit oleh Departemen Perlindungan anak. Unit Departemen Korban Khusus melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menemukan kemungkinan tiap orang tua dikenai pasal penganiayaan anak," lanjut polisi.



Simak Juga "Moms! Jangan Lewatkan Imunisasi untuk Kesehatan Anak":

[Gambas:Video 20detik]

Drama Polisi Bersenjata 'Ambil Paksa' Anak dari Orang Tua Anti Vaksin
(fds/up)