Jumat, 05 Apr 2019 20:01 WIB

Diabetes karena Keturunan, Mitos atau Fakta?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: dok pribadi Foto: dok pribadi
Jakarta - Masih muda jangan kepedeaan bebas diabetes, kamu tetap harus waspada dan jangan lupa untuk screening ya. Apalagi kalau kamu punya keluarga yang mengidap diabetes. Bukan mitos loh, diabetes terutama diabetes tipe 2 itu bisa lebih besar risikonya untuk memilikinya juga.

dr Medha Satyarengga, MD, salah satu dokter asal Indonesia yang memulai pendidikan spesialis penyakit dalam pada tahun 2014 di New York City, di Mount Sinai St. Luke's and Mount Sinai West hospitals menjelaskan first degree relative (orangtua, kakak-adik, anak) adalah yang terutama.

"Kalau tidak ada turunan, screening umur 45 tahun. Kalau ada turunan, saya sarankan cek lebih awal, bisa umur 30-an. Kalau ada faktor risiko lain misalnya overweight bisa lebih dini lagi," tulis dr Medha di akun Instagram miliknya @dokter.medha.

Duh, masa sih bisa karena keturunan? Terus kalau sudah begitu harus seperti apa? Gejala-gejalanya gimana ya?

Langsung tanya sama orangnya yuk! Dari Amerika Serikat, dr Medha akan menjawab semua kegelisahan kamu seputar diabetes sampai nggak galau lagi lewat 'Live Comment' yang akan diadakan pada Minggu (7/4/2019), dari pukul 09.00-10.00 WIB.

Kamu bisa juga bertanya hal lain seputar hal yang berkaitan dengan hormon misalnya kehidupan seksual kamu, masalah diet yang nggak sukses-sukses meski sudah usaha super keras, dan mungkin soal kehidupan dokter-dokter yang bekerja di Amerika Serikat yang mirip-mirip Grey's Anatomy!

Cus, beberkan pertanyaan kamu ke dr Medha dengan menuliskan komentar di artikel berikut:

>> KLIK DI SINI

(ask/up)