Sabtu, 06 Apr 2019 11:25 WIB

Ada 70 Bola Magnet di Mr P, Bocah 11 Tahun Ini Harus Jalani Operasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Jangan pernah terpikir untuk iseng memasukkan benda asing ke penis. (Foto: Thinkstock) Jangan pernah terpikir untuk iseng memasukkan benda asing ke penis. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dokter di RS Anak Zhejiang University's School of Medicine dilaporkan berhasil mengeluarkan 70 bola magnet berukuran 5 milimeter dari penis seorang bocah 11 tahun. Sang bocah mengaku hanya iseng sengaja memasukkan bola magnet ke penis.

Sang bocah yang identititasnya dirahasiakan awalnya dibawa ke rumah sakit akibat mengeluh sakit perut. Ketika dilakukan rontgen, dokter bisa melihat ada bayangan mencurigakan di saluran kencingnya.

Lewat operasi minimal invasif selama dua jam dokter pun berhasil mengangkat seluruh bola magnet tanpa komplikasi.


"Bola-bola ini saling menempel sehingga sulit dikeluarkan sekaligus, jadi kami mulai dengan mengangkat perlahan dua tiga biji dulu," kata salah satu dokter bedah, Tao Chang, seperti dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (6/4/2019).

"Setelah berhasil mengangkat sekitar 50 buah, sisanya membentuk barisan jadi kami bisa angkat langsung sekaligus," lanjut Tao.

Bola magnet saat ini jadi salah satu mainan yang disebut populer di kalangan anak-anak. Namun orang tua perlu lebih hati-hati untuk membelikan anaknya bola magnet karena rentan menimbulkan insiden seperti tertelan, tersangkut di telinga, hidung, bahkan penis.

Menurut Tao di rumah sakitnya saja bisa ada 2-3 kasus serupa pada anak per tahun.

(fds/kna)