Senin, 08 Apr 2019 13:03 WIB

6 Tips Mencegah Ngantuk Sehabis Makan Siang

Ayunda Septiani - detikHealth
Rasa kantuk menyerang sehabis makan siang (Foto: Shutterstock) Rasa kantuk menyerang sehabis makan siang (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Kebanyakan orang akan merasa ngantuk setelah makan, terutama ketika makan siang dengan menu yang berat. Ngantuk adalah hasil respons tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan.

Rasa kantuk ini bisa diakibatkan beberapa hal, salah satunya adalah produksi hormon serotonin dan melatonin. Dua hormon tersebut biasanya meningkat saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Meskipun hal ini wajar terjadi, produktivitas kita jadi terganggu karena rasa kantuk yang menyerang. Dikutip dari Time Of India, 6 tips ini bisa cegah ngantuk setelah makan siang.



1. Cukupi tidur ya
Tubuh perlu mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari. Tidurlah 7-8 jam dalam semalaman, maka akan sangat membantu kamu semangat untuk beraktifitas keesokannya dengan fokus.

Bangunlah setiap hari pada jam yang sama, sehingga tubuh akan melakukan rutinitas yang tetap dengan terbiasa. Kurang tidur atau bangun terlalu pagi akan membuat kamu merasa lelah di sore hari.

2. Perhatikan menu makanan
Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi atau karbohidrat sederhana. Contohnya nasi putih, permen, soft drink, hingga makanan dari tepung terigu seperti roti.

Hal ini dilakukan untuk menghindari sugar crash alias kenaikan gula darah, karena makanan dengan karbo sederhana mudah dicerna dan diserap tubuh.

3. Bergerak setelah makan
Lakukan hal yang bisa dilakukan yang membuat tetap aktif bergerak. Jika kamu hanya duduk-duduk setelah makan, kemungkinan kamu akan merasa ngantuk.Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah kamu, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh dan kamu menjadi lebih berenergi.

Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau pilih menaiki tangga dibandingkan lift mungkin dapat membantu.



4. Minum air putih yang cukup
Pastikan kamu minum air putih yang cukup saat makan. Air putih dapat menghidrasi tubuh, sehingga kamu terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan ngantuk. Ingat, semua organ dalam tubuh akan membutuhkan air untuk melakukan fungsinya.

5. Jangan makan terlalu banyak
Jaga porsi makan kamu jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat kamu sangat kenyang sekaligus ngantuk. Mengapa menyebabkan ngantuk? Karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh kamu merasa lelah dan ngantuk.

6. Jika memungkinkan, tidur sebentar
Sebenarnya tidak mungkin setiap waktu, tetapi setiap kali kamu punya waktu, tidurlah sebentar setelah makan siang. Ini akan mengisi ulang energi dan kamu akan merasa lebih energik dan fokus. Tapi ingat, tidur jangan berlebihan ya, nanti malah bangun-bangun kamu akan merasa lemas. Tidurlah secukupnya.

(up/up)